5 Cara Cerdas Jaga Kesehatan Pencernaan

Avatar of PortalMadura.Com
5 Cara Cerdas Jaga Kesehatan Pencernaan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – sangat penting dijaga karena menjadi pengatur fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, bisa berkomunikasi dengan otak untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh karen itu, pencernaan yang baik juga akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Mengonsumsi makanan yang sehat atau baik bagi pencernaan menjadi salah satu usaha untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, masih ada beberapa hal lain lagi yang bisa dilakukan untuk menjaga pencernaan selalu sehat. Penasaran?.

Berikut ulasannya:

Makan Lebih Banyak Serat
Ini termasuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan. Serat membantu menjaga sel-sel usus besar tetap sehat dan membantu pencernaan atau mengatur gerakan usus.

Konsumsi Probiotik dan Prebiotik
Prebiotik ditemukan pada bawang merah, bawang putih, pisang dan biji-bijian. Sementara probiotik ditemukan dalam yogurt dan minuman susu kultur. Prebiotik merupakan nutrisi yang membantu memberi makan bakteri probiotik dalam usus, sedangkan probiotik adalah mikroorganisme yang meningkatkan kesehatan usus.

Kurangi Asupan Daging Merah dan Alkohol
Dr Look merekomendasikan untuk mengonsumsi daging merah dan alkohol secukupnya. Gantilah protein hewani dengan sumber protein seperti kacang polong, kacang dan tahu jika memungkinkan.

Kurangi Asupan Makanan Tinggi Lemak dan Fruktosa
Makanan tinggi lemak dan fruktosa (gula yang ditemukan secara alami dalam buah dan madu) dapat mengganggu usus dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Hindari konsumsi berlebih dari makanan olahan manis seperti kue, permen, dan minuman manis karena biasanya mengandung banyak gula dan sirup jagung, yang dibuat dengan fruktosa.

Kurangi Stres dan Lakukan Gaya Hidup Sehat
Faktor non-diet lain yang dapat mengganggu usus adalah stres kronis. Selain itu latihan fisik atau olahraga yang tidak memadai juga menjadi faktor. Oleh karena itu, Dr Look menyarankan untuk menjalani pola hidup sehat, termasuk berhenti merokok. (detik.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.