5 Cara Cerdas Menyimpan Kangkung Agar Tak Mudah Layu

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Cerdas Menyimpan Kangkung Agar Tak Mudah Layu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu sayuran yang harganya murah, mudah ditemukan dan kaya akan nutrisi yaitu kangkung. Selain itu, juga bisa dimasak menjadi menu yang enak dan gurih serta banyak disukai.

Namun, kangkung juga menjadi salah satu sayuran yang mudah layu jika tidak cepat diolah. Sehingga Anda harus tahu beberapa agar awet meski tidak langsung dimasak. Lantas bagaimana caranya?

Berikut penjelasannya:

Jangan Mencuci Kangkung
Jika tidak cepat diolah setelah dibeli, sebaiknya jangan mencoba untuk mencuci kangkung. Kondisi basah membuat kangkung cepat membusuk. Jadi pastikan menyimpannya dalam kulkas dengan keadaan yang kering atau tidak lembap.

Baca Juga: DPRD Pamekasan Godok Raperda BLUD untuk Puskemas

Bungkus dengan Kertas
Keluarkan kangkung yang dibeli dan ganti bungkus dengan kertas. Ragam kertas dapat Anda gunakan. Sebelum menyimpan di kulkas, membungkus kangkung dengan kertas akan mengurangi kelembapan kangkung. Ganti kertas pembungkus saat sudah mulai basah.

Potong Akarnya
Untuk menghemat ruang penyimpanan di kulkas dan menjaga kangkung tetap segar, tidak masalah memotong akarnya. Pastikan semua bagian terbungkus dengan kertas hingga tidak ada bagian yang layu.

Simpan di Bagian Pendingin yang Tepat
Simpan kangkung di bagian rak paling bawah karena tidak terkena udara dingin kulkas secara langsung. Namun, tetap segar dan berada di suhu yang tepat untuk menjaga kesegaran.

Vas Bunga
Jika kulkas sedang penuh, tidak ada salahnya untuk menyimpan di suhu ruangan. Salah satu caranya yaitu rendam akarnya di dalam vas bunga. Hal ini membuat kangkung mendapat cukup air untuk menjaga kesegaran. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.