5 Cara Dasar Jaga Keamanan Windows

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Dasar Jaga Keamanan Windows
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, untuk memberi keamanan pada laptop atau komputer yang berbasis tidaklah sulit. Ada beberapa langkah mudah dan sederhana yang bisa efektif menjaga perangkat lebih aman. Benarkah?.

Ya, kendatipun langkah ini terhitung mudah, masih banyak pengguna yang mengabaikan atau bahkan tidak tahu kalau hal-hal berikut ini perlu dilakukan. Apa saja?.

Berikut lima cara dasar untuk mengamankan perangkat Windows:

Buat Password untuk User
Saat ini Anda sering menyimpan password untuk berbagai akun Anda di browser, mulai dari akun media sosial hingga online banking, agar lebih memudahkan login. Untuk itu, Anda perlu memastikan agar tidak ada orang lain yang dapat mengakses informasi ini.

Walaupun tidak ada orang lain yang menggunakan komputer Anda, Anda tetap harus menggunakan password untuk mengakses komputer. Selain itu, Anda juga harus memastikan kalau perangkat Anda otomatis mengunci jika tidak digunakan.

Kedua cara ini dapat diatur dengan mencari menu Settings kemudian pilih Accounts. Selanjutnya, pilih Sign-in options untuk mengatur password dan pilih ‘when PC wakes up from sleep‘ agar perangkat yang ‘tidur' harus dibuka menggunakan password.

Aktifkan Windows Defender
Dulu, Anda pasti langsung mencari aplikasi antivirus dari pihak ketiga untuk mengamankan komputer. Tapi sekarang, Windows telah memiliki aplikasi keamanan bawaan yang dapat diandalkan, yaitu Windows Defender.

Anda tetap bisa memasang antivirus pihak ketiga kalau ingin memastikan keamanan komputer. Tapi setidaknya, pastikan terlebih dahulu Windows Defender Anda sudah aktif. Cara mengaktifkannya, cukup cari Settings di menu Start, pilih Update & Security, kemudian Windows Security dan terakhir pilih Open Windows Defender Security Center.

Teliti Browser
Jangan lupa untuk terus memperbarui browser Anda. Untungnya, saat ini browser bisa secara otomatis diperbarui. Selain itu, Anda juga perlu lebih teliti dengan add-on atau ekstensi yang dipasang di browser. Telah ada beberapa kasus di mana ekstensi browser mencuri data milik pengguna. Jadi, pastikan Anda hanya memasang ekstensi yang benar-benar dipercaya.

Untuk mengeceknya, kalau menggunakan Google Chrome Anda perlu memilih menu yang berada di kanan atas browser, kemudian More Tools dan Extensions.

Kalau menggunakan Firefox, opsi Add-ons dapat ditemukan di menu secara langsung, dan di Microsoft Edge juga dapat ditemukan langsung di menu browser dan pilih Extensions.

Jangan Download Sembarangan
Ini adalah salah satu cara yang harus selalu diingat. Kalau ingin mengunduh aplikasi pastikan unduh dari situs resmi atau Microsoft Store. Kemudian, perhatikan juga saat proses pemasangan. Jangan asal klik tombol ‘Next‘ cepat-cepat, karena bisa saja kalian justru ketambahan program yang tidak jelas dan mencurigakan.

Selain itu, buat yang suka download konten bajakan, Anda juga harus paham kalau ini menjadikan Anda lebih rawan terkena malware dan virus. Jadi harus lebih berhati-hati untuk tidak asal unduh.

Periksa Izin Aplikasi
Tidak beda dengan di smartphone, Windows juga sekarang memiliki fitur untuk mengontrol izin yang bisa dimiliki aplikasi. Ini penting karena selain menyangkut masalah keamanan, tapi juga menyangkut privasi.

Untuk mengaturnya, Anda cukup menuju Settings kemudian klik Privacy. Anda bisa lihat pengaturan secara umum di tab General, tapi kalau ingin yang lebih spesifik bisa scroll bagian App Permissions.

Dua hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi, kamera dan mikrofon. Karena tidak boleh ada apa pun yang dapat mengakses kamera dan mikrofon, kecuali untuk hal seperti melakukan video call. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.