oleh

5 Cara Hemat Energi dan Ramah Lingkungan di Dapur

PortalMadura.Com – Salah satu tempat yang sangat penting di rumah yaitu dapur. Mengapa demikian? Karena dapur merupakan tempat untuk memasak untuk memenuhi kebutuhan gizi anggota keluarga. Selain itu, dapur juga seringkali digunakan sebagai tempat berkumpul anggota keluarga.

Namun, sebagian besar orang masih belum sadar pentingnya hemat energi yang ternyata bisa dimulai dari dapur. Oleh karena itu, para penghuni rumah khususnya seorang ibu perlu memperhatikan beberapa hal ini untuk bisa mulai menghemat energi dan ramah lingkungan. Apa saja?

iklan pilbup

Berikut ini penjelasannya:

Memilih Alat Listrik dengan Daya Rendah
Banyak alat dapur yang kini menggunakan listrik, oven listrik, blender, mixer atau alat dapur lainnya. Namun, ada baiknya memilih alat listrik dengan daya rendah.

Mengurangi Penggunaan Alat Listrik
Alat elektronik sangat membantu untuk memudahkan memasak. Namun, usahakan untuk mengurangi alat listrik jika masih bisa dilakukan secara manual, seperti menghaluskan bumbu.

Memasak Sekali Sehari
Jika harus memasak, usahakan untuk memasak satu kali saja yang bisa mencukupi kebutuhan makan sekeluarga dalam sehari.

Mengurangi Memasak Beraneka Macam
Memasak beraneka macam makanan memang menyenangkan. Namun, hal ini akan membuat penggunaan bahan bakar kompor lebih banyak pula.

Makan dengan Lalapan
Beberapa sayuran bisa kita konsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Biasanya hal itu disebut dengan lalapan.

Selain itu, bisa juga menunggu sampai dishwasher di dapur penuh untuk mencuci daripada mencuci sedikit-sedikit. Hal itu untuk mengurangi penggunaan air. Anda tertarik untuk mencoba? (liputan6.com/Desy)


Tirto.ID
Loading...

Komentar