oleh

5 Cara Maksimalkan Penggunaan YouTube Music

PortalMadura.Com – Aplikasi YouTube Music kini hadir di Indonesia. Baru-baru ini Google telah mengumumkannya khusus untuk pengguna di Indonesia. Berhubung ini masih baru, mungkin sebagian orang masih belum tahu dengan aplikasi ini.

Padahal, ada sejumlah fitur yang tersedia untuk mempermudah penggunanya. Sebagaimana namanya, tentu aplikasi ini menawarkan layanan streaming musik. Sebelumnya mungkin Anda sudah terbiasa mendengarkan musik di Youtube, tapi ini berbeda.

Tapi YouTube Music ini cakupannya lebih luas, sehingga pengguna tidak hanya mendengarkan lagu dan album resmi, namun juga banyak lagu lain yang ada di YouTube.

Oleh karena itu, ada beberapa teknik pemakaian YouTube Music agar Anda bisa menggunakannya secara maksimal. Berikut penjelasannya seperti dilansir Liputan6.com, yang dikutip dari Make Use Of:

Cari Lagu dengan Lirik

Hampir setiap aplikasi streaming musik menyediakan opsi pencarian lagu dengan judul. Namun kadang sebagian pengguna lupa judul sebuah lagu yang diinginkannya, sehingga kesulitan untuk mencarinya.

Beruntung, YouTube Music memiliki opsi pencarian konten dengan lirik. Jadi, Anda tinggal menuliskan lirik yang diingat dari lagu tersebut di kolom pencarian dan aplikasi ini akan menampilkan hasilnya.

Aktifkan Fitur Smart Download

Salah satu fitur yang juga dihadirkan di banyak aplikasi streaming musik, termasuk YouTube Music, adalah opsi mengunduh lagu. Dengan cara ini, pengguna masih dapat menikmati konten saat tidak terhubung dengan internet.

Nah, YouTube Music hadir dengan fitur mengunduh konten yang diberi nama Smart Downloads. Jadi, saat Anda mengaktifkan fitur ini, aplikasi akan secara otomatis mengunduh lagu favorit Anda ketika terhubung dengan Wi-Fi dan memiliki baterai yang cukup.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur jumlah lagu yang tersedia di Offline Mixtape ini dengan mengaksesnya dari Settings. Setelahnya, unduhan tersebut dapat Anda buka dari tab Downloads di Library.

Atur Fitur Navigasi saat Memutar Lagu

Sama seperti YouTube, Anda juga dapat memanfaatkan kemampuan double tap untuk menavigasikan konten yang sedang diputar. Maksudnya, Anda bisa memutar maju (fast forward) atau mundur (rewind) sebuah lagu dalam durasi beberapa detik.

Adapun pengaturan bawaan di YouTube Music untuk fitur double tap ini adalah sepuluh detik. Namun Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan.

Untuk melakukannya mudah saja, Anda hanya tinggal membuka tab avatar akun yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu, buka Settings dan pilih opsi Double-Tap to Seek untuk mengatur durasi yang diinginkan.

Setop Riwayat Pencarian

Nah, untuk mengoptimalkan fungsi rekomendasi, YouTube Music akan melacak lagu yang Anda mainkan dan cari di aplikasi. Namun apabila Anda keberatan dengan hal ini, Google menyediakan opsi untuk mematikannya.

Anda dapat masuk ke bagian Settings, lalu cari menu Privacy & Location. Begitu terbuka, Anda tinggal menonaktifkan fungsi trackers. Selain itu, Anda juga dapat mematikan fungsi rekomendasi berbasis fungsi dan lokasi dari sini.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Tambahkan Subtitle di YouTube

Kendati demikian, fungsi pelacakan YouTube dan YouTube Music sebenarnya terintegrasi, jadi pengaturan ini juga akan berimbas ke riwayat YouTube.

Mainkan Fungsi Radio Station dari Satu Lagu

Terkadang, lagu yang terdaftar atau berada dalam playlist acak di YouTube Music kurang sesuai dengan selera Anda. Oleh karena itu, banyak lagu yang dilewatkan.

Sebagai alternatif, Anda dapat menyusun playlist sendiri yang sudah disesuaikan dengan selera Anda. Caranya, Anda cukup menyalakan fungsi radio dari lagu yang pernah Anda dengar dan pilih.

Untuk mencobanya, Anda cukup tap menu titik tiga yang ada di lagu dan pilih Start Radio. Selesai, lagu favorit Anda sudah bisa didengarkan sesuka hati Anda. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.