IPTEK  

5 Cara Sederhana Kurangi Polusi Cahaya

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Sederhana Kurangi Polusi Cahaya
ilustrasi

PortalMadura.Com atau yang dikenal dengan sebutan photopollution merupakan salah satu dampak buruk bagi ekosistem alam. Akan tetapi, bahaya tersebut bisa dikurangi dengan meningkatkan praktik pencahayaan untuk memberikan visibilitas dan keamanan di malam hari.

Lantas, bagaimana caranya?. Ada beberapa cara sederhana untuk membantu mengurangi polusi cahaya tanpa mengorbankan kenyamanan atau keamanan masyarakat.

Baca Juga: Delapan Angka Unik Jika Ditambahkan Menjadi Sepuluh, Ayo Buktikan!

Berikut ini uraiannya:

Gunakan Lampu CFL
Gunakan lampu fluorescent ringkas (CFL) dan lampu LED yang menghasilkan pencahayaan putih hangat. Banyak lampu LED memancarkan cahaya biru dengan panjang gelombang pendek yang menyebar dengan mudah ke atmosfer, yang menyebabkan kelelahan mata, merusak penglihatan malam dan menambah polusi cahaya.

Lindungi Lampu
Pilih perlengkapan lampu luar yang terlindung, artinya ada tutup solid di atas bola lampu yang mencegah cahaya dipancarkan langsung ke langit. Ini untuk meminimalkan polusi langit dan dapat melindungi perlengkapan yang ada dengan membeli dan memasang warna yang terjangkau.

Pasang Sensor Gerak
Pasang sensor gerak pada perlengkapan luar ruang agar menyala ketika dibutuhkan dan dimatikan setelah waktu yang singkat. Pastikan untuk menguji dan menyesuaikan sensitivitas detektor gerakan sesuai kebutuhan untuk mencegah lampu menyala dan mati secara tidak perlu.

Lampu Bersertifikat
Gunakan Dark Sky Lighting yang bersertifikasi IDA, yang dirancang untuk meminimalkan silau, tumpahan cahaya, dan cahaya langit. Perlengkapan lampu yang disetujui langit gelap tersedia dalam berbagai chandelier, flush mount, liontin, dan sconce dinding.

Jika Anda tinggal di dekat pantai, gunakan Lighting Turtle bersertifikat. Perlengkapan lampu berpelindung ini menghasilkan cahaya panjang dan gelombang panjang, yang tidak mudah tersebar, dan harus dipasang rendah untuk menghindari kecerahan sudut tinggi.

Matikan Lampu
Matikan lampu luar yang tidak perlu saat Anda berada di rumah untuk malam atau sebelum tidur untuk mencegah pencahayaan fajar senja hingga fajar. Jika Anda ragu, matikan sebelum jam 11 malam. Saat Anda berada di sana, pastikan untuk mematikan lampu dalam ruangan, seperti lampu dinding ketika Anda tidak di rumah atau sebelum tidur untuk mengurangi konsumsi energi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.