5 Cara Supaya Baterai Smartphone Lebih Awet

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Supaya Baterai Smartphone Lebih Awet
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini siapa yang tidak butuh ?. Pastinya semua orang sangat membutuhkannya. Bahkan, smartphone kini sudah menjadi kebutuhan pokok tersendiri bagi manusia.

Sayangnya, melihat kondisi tersebut tidak didukung oleh inovasi di bidang baterai, sehingga tidak banyak perubahan yang ditawarkan dari sisi sumber daya.

Dengan adanya demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk menghemat penggunaan baterai yang kian boros. Dilansir PortalMadura.Com yang mengutip dari Make Use Of.

Di sini ada cara jitu supaya baterai smartphone Android Anda lebih awet dan tidak selalu bergantung pada powerbank. Berikut ini uraiannya:

Batasi Penggunaan Lokasi di Aplikasi

Cara yang pertama Anda disarankan untuk mematikan fungsi GPS sepenuhnya. Akan tetapi, cara tersebut sebenarnya tidak berakibat banyak.

Anda bisa menggunkan cara lain seperti, mengontrol penggunaan lokasi di aplikasi. Maksudnya, Anda membatasi pembacaan posisi yang dilakukan oleh sebuah aplikasi di smartphone Android.

Untuk melakukannya, Anda tinggal membuka menu ‘Settings' dan pilih ‘Location'. Setelah itu, pilih ‘device only' atau ‘phone only' di bagian metode lokasi. Ada baiknya Anda juga menonaktifkan pemindai WiFi dan bluetooth.

Baca Juga : 5 Cara Jitu Sembunyikan Aplikasi di Ponsel

Matikan Wi-Fi Otomatis

Sejak update Oreo, Android kedatangan fitur yang memungkinkan pemindaian Wi-Fi berjalan otomatis, meski dalam keadaan mati. Karenanya, kamu harus mematikan fitur ini.

Caranya, Anda tinggal buka ‘Settings', lalu ‘Network & Internet', dan pilih ‘Wi-Fi'. Di bagian bawah ‘Wi-Fi preferences', Anda tinggal mematikan opsi ‘Turn on Wi-Fi automatically'.

Pakai Dark Mode di Aplikasi

Jika smartphone Anda memakai layar OLED, latar bertema hitam atau mode gelap (dark mode), Anda dapat meningkatkan daya tahan baterai.

Beberapa cara supaya yang bisa Anda lakukan agar smartphone tampil lebih hitam. Pertama, Anda bisa menggunakan wallpaper hitam. Sambil lalu, aktifkan pula fitur dark mode yang kini sudah ada di sejumlah aplikasi.

Jika memungkinkan, Anda dapat menerapkan dark mode secara keseluruhan di smartphone yang sudah mendukung

Pantau Aplikasi dengan Aktivitas Berlebihan

Baterai smartphone Anda mudah habis jika ada aplikasi yang tidak berjalan seperti seharusnya. Hal itu terjadi karena ada bug atau fitur aplikasi yang terlalu agresif berjalan di background.

Makanya dari itu, Anda perlu memantau aplikasi mana yang terlalu banyak menyedot baterai dengan membuka ‘Settings', pilih ‘Battery‘, ‘Menu', dan ‘Battery Usage'.

Jika ada aplikasi dengan konsumsi baterai yang mencurigakan dan tidak digunakan, ada baiknya hapus aplikasi tersebut.

Gunakan Aplikasi Versi Lite

Menggunakan aplikasi versi Lite bisa Anda lakukan, seperti yang diketahui, saat ini beragam aplikasi kenamaan memiliki versi yang lebih ringan. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda bisa menghemat pemakaian baterai, karena memang aplikasi tersebut sudah didesain lebih ramah konsumsi daya dan data ketimbang versi standar.

Itulah cara supaya baterai smartphone Android Anda lebih awet dan tentunya tidak selalu bergantung pada powerbank. Semoga bermanfaat!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.