oleh

5 Cara Tepat Piknik yang Ramah Lingkungan

PortalMadura.Com – Traveling atau piknik menjadi waktu yang ditunggu-tunggu banyak orang ketika sudah mulai penat dengan rutinitas sehari-hari. Dengan liburan, Amda akan merasa refresh dan bahagia. Pergi ke pantai, gunung, danau, landmark kota, atau destinasi-destinasi menarik lainnya terasa amat menyenangkan.

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kesehatan lingkungan selama liburan. Misalnya dengan membuang sampah sembarangan, membawa plastik terlalu banyak, atau mencoret-coret tempat wisata. Seperti Anda mendapatkan estetika dari lingkungan, hal ini juga penting untuk mencoba memberikan kembali ke lingkungan keindahan dan ketenangan.

Itulah mengapa sangat penting ketika merencakan piknik, yang ramah lingkungan. Berikut ini adalah cara tepat untuk piknik yang ramah lingkungan, seperti yang dilansir dari laman fimela.com.

Lokasi Piknik
Alih-alih mengambil banyak waktu dan energi untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya hanya untuk piknik. Piknik di halaman belakang yang sederhana juga bisa dilakukan dengan keluarga dan teman. Ini dapat menghemat uang, bahan bakar atau biaya perjalanan jika berencana untuk bepergian ke luar wilayah. Jika ingin melakukan piknik di luar wilayah ada baiknya pilih transportasi umum. Ini dapat membantu mengurangi polusi udara.

Membawa Bekal Sendiri
Pastikan untuk membawa bekal dari rumah dan gunakan wadah yang dapat digunakan kembali. Hindari membawa atau membeli makanan dengan wadah sekali pakai. Hal itu dapat menghasilkan limbah dalam jumlah besar, kemasan yang terbuat dari plastik juga dapat berbahaya bagi lingkungan.

Bawa Keperluan yang Dibutuhkan
Karena piknik di luar ruangan dan kadang-kadang berada di taman, jauh dari fasilitas seperti toko. Ini mungkin akan membuatmu mengemas lebih banyak barang. Cara terbaik untuk memastikan bahwa dirimu hanya membawa apa yang diperlukan adalah mulai merencanakan piknik lebih awal. Misalnya seperti memutuskan kegiatan apa yang akan berlangsung selama piknik untuk mengetahui persis apa yang harus dikemas untuk perjalanan.

Hindari Barang Sekali Pakai
Hindari produk yang hanya memiliki fungsionalitas sekali pakai dalam masa simpannya seperti botol plastik. Hindari gelas kerta dan piring serta sendok dan garpu plastik yang hanya bisa digunakan sekali saja. Hal ini dapat menghasilkan limbah dan sampah yang berbahaya bagi lingkungan jika tidak dibuang pada tempatnya.

Bersihkan Area Piknik
Bersihkan area piknik, buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Jika tidak ada tempat sampah, ada baiknya untuk membawa sampah tersebut hingga menemukan tempat sampah. Sejumlah sampah yang tertinggal saat piknik dapat mengganggu ekosistem.

Untuk menikmati keindahan alam dan lingkungan, seharusnya ada timbal balik antara manusia dan alam. Ketika kita menikmati keindahan yang diberikan alam, ada saat di mana kita juga memberikan yang terbaik untuk alam yaitu dengan menjaga dan melestarikan lingkungan.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar