5 Cara Tepat Pilih Kabel Charger untuk Smartphone

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Tepat Pilih Kabel Charger untuk Smartphone
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki handphone pintar yang mahal tentu harus dibarengi dengan charger yang bagus. Sebab, jika menggunakan charger yang abal-abal untuk melakukan pengisian daya atau baterai bisa tidak maksimal, bahkan kemungkinan besar membuat handphone rusak.

Perlu Anda ketahui, arti dari kata bagus bukan berarti memiliki tampilan menarik atau berwarna-warni, melainkan mengacu kepada kualitasnya. Sangat disarankan pula dalam memilih kabel charger, Anda harus fokus kepada kualitasnya dibandingkan tampilan.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda saat memilih kabel charger. Cara ini bisa Anda simpan untuk digunakan suatu hari nanti apabila kabel charger bawaan dari smartphone yang Anda miliki telah rusak dan harus membeli kabel charger baru.

Lantas, bagaimana caranya? Simak berikut ini:

Harga Menentukan Kualitas
Berbicara kualitas biasanya selalu dibarengi dengan harga yang mahal. Ada rupa ada harga. Banyak sekali kabel charger yang tersedia dengan harga murah, tapi hal yang biasanya terjadi adalah produk tersebut tidak memiliki kualitas yang bagus. Biasanya dalam jangka waktu yang singkat kabel charger tersebut mulai bermasalah.

Ditandai dengan kadang kabel charger tidak berfungsi saat posisinyanya bergeser. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya membeli kabel charger dengan harga yang agak mahal, selama produknya memang asli dan dari merek yang sudah dikenal bagus. Anda bisa menganggap ini sebagai sebuah investasi jangka panjang.

Ukuran Diameter atau Ketebalan bukan Penentu
Ada anggapan bahwa semakin tebal diameter maka semakin awet. Padahal, semuanya tergantung kualitas material yang digunakan pada coating atau material pembungkus kabel. Sebagian dari Anda pasti pernah menemukan kabel charger yang tebal tetapi mudah terkoyak akibat gesekan dengan benda tumpul seperti tepian meja kerja atau tergilas roda kursi kantor.

Perhatikan Bahan Coating
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, coating merupakan lapisan material pelindung terluar dari kabel. Secara visual ada beberapa jenis coating yang bisa dikenal karet PVC, kulit sintetis, nilon, dan fiber kevlar.

Mungkin sulit bagi Anda mengenalinya, namun biasanya kabel charger yang bagus menampilkan informasi material coating yang digunakan pada kemasannya. Setiap jenis coating biasanya berpengaruh terhadap kelenturan kabel namun memberikan perlindungan lebih sehingga bisa awet.

Coating harus memiliki material yang tidak mudah terkoyak atau putus serta tahan air karena material ini harus melindungi kabel ini di bagian dalamnya. Bagi Anda yang selalu mempertimbangkan tampilan luar atau estetika kini sudah banyak kabel charger yang memiliki lapisan coating dengan beragam warna dan corak.

Fitur Tambahan yang Tersedia
Beberapa kabel charger saat ini biasanya hadir dengan beberapa fitur seperti kecepatan mengisi daya atau fast charging serta beberapa konektor untuk beragam jenis USB port. Sangat disarankan untuk tidak memilih kabel charger yang menyediakan beberapa jenis kepala USB port yang bisa dibongkar pasang atau connector.

Alasannya adalah pengisian daya tidak akan optimal karena connector ini sifatnya hanya sebagai konduktor atau penghantar yang tidak tersambung langsung dengan kabel inti di dalam kabel charger. Kemungkinan lain yang tidak diinginkan adalah kontektor tersebut melelehkan bagian plastik atau karet yang melekat akibat suhu panas.

Apabila Anda tetap ingin mencari kabel charger yang menyediakan konektor, maka sangat disarankan membeli merek yang asli atau sudah terkenal kualitasnya. Untuk fitur fast charging dan kecepatan transfer data, hal ini butuh pengujian secara teknis atau percobaan langsung, akan sangat bagus apabila sang penjual mengizinkan Anda mencobanya terlebih dahulu atau dengan sampel produk tersedia.

Informasi di Kemasan dan Garansi
Ada hal yang perlu diingat adalah soal informasi produk pada kemasan dan garansi yang tersedia. Sama halnya seperti membeli barang elektronik juga tersedia dengan garansi. Untuk tidak salah membeli pastikan Anda mengecek informasi yang tertera pada kemasan, pastikan kabel charger kompatibel dengan smartphone Anda.

Hal ini juga membantu Anda untuk mengetahui keaslian kabel charger yang Anda beli. Saat ini sangat mudah ditemukan kabel charger palsu atau berkualitas buruk yang melekatkan nama merek terkenal pada kemasan maupun kabelnya. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.