5 Ciri Kulit Sensitif dan Cara Perawatannya

Avatar of PortalMadura.com
5 Ciri Kulit Sensitif dan Cara Perawatannya
ilustrasi (tempo.co)

PortalMadura.Com – Kulit sensitif memang membutuhkan perhatian ekstra dalam perawatannya. Apalagi jika memberikan perawatan yang salah, kulit bisa meradang, kemerahan, dan perih selama berhari-hari.

Kendatipun kulit sensitif tampak sulit untuk dirawat, bukan berarti Anda tidak bisa menanganinya. Dengan keuletan dan ketelatenan, Anda bisa mencegah munculnya gejala-gejala kulit sensitif.

Nah, berikut ini lima cara yang bisa berguna bagi Anda pemilik kulit sensitif:

Pertama, kekeringan adalah musuh utama kulit sensitif. Karena itu, rajinlah dalam mengoleskan pelembap. Pelembap yang murni, yakni tanpa parfum dan bahan pengawet, adalah pilihan yang paling baik untuk Anda.

Bila dibutuhkan, ulangi penggunaannya beberapa kali dalam sehari. Bahan dasar yang baik untuk melembapkan tubuh, misalnya minyak zaitun, minyak jojoba, urea, asam hialuronat, dimetikon, gliserin, lanolin, dan petrolatum.

Kedua, pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari proses mencuci muka dengan air hangat. Penggunaan air hangat cenderung menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Ingatlah, kekeringan akan semakin meningkatkan gejala kulit sensitif.

Ketiga, sabun wajah yang dipilih sebaiknya memiliki pH normal kulit, yaitu sekitar 5,5. Durasi mencuci wajah pun jangan terlalu lama. Selanjutnya, usaplah kulit wajah dengan perlahan dan lembut. Pembersihan wajah dengan scrub juga sebaiknya dihindari karena dapat mengiritasi kulit sensitif.

Keempat, hindari paparan sinar ultraviolet berlebihan. Gunakan krim tabir surya (krim yang mengandung SPF/Sun Protection Factor) secara teratur.

Baca Juga: Pemilik Kulit Sensitif, Ini 4 Cara Jitu Lakukan Eksfoliasi

Kelima, perbanyak konsumsi air putih serta rutin makan buah dan sayuran yang mengandung vitamin yang berguna untuk kesehatan kulit, seperti vitamin A, C dan E.

Itulah lima ciri kulit sensitif serta cara perawatannya. Cara perawatan kulit sensitif cenderung tidak sulit, hanya dibutuhkan konsistensi dalam menjalankannya. Ketika semua perawatan ini bisa dilakukan dengan baik, semua gejala gangguan pada kulit sensitif yang mengganggu bisa Anda hindari.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.