5 Fase Duka yang Akan Dirasakan Anak Ketika Kehilangan Orang Tua

Avatar of PortalMadura.com
5 Fase Duka yang Akan Dirasakan Anak Ketika Kehilangan Orang Tua
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua makhluk hidup pasti mati, karena maut merupakan salah satu rahasia Allah. Oleh karena itu, manusia hanya bisa berikhtiar untuk mendapatkan yang terbaik. Tidak terkecuali bagi seorang anak yang kehilangan orang tua karena maut.

Menurut Maggie Kline sebagai Psikolog Sekolah dan Terapis, anak yang kehilangan orang tua atau orang yang mereka sayang, akan mengalami beberapa fase duka. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Penyangkalan
Fase pertama yaitu penyangkalan. “Karena tentu akan mengejutkan bagi seorang anak,” ujar Kline seperti dilansir Kids In The House.

Sedangkan bagi orang dewasa, tahap ini akan membuat dunia kehilangan maknanya bahkan mati rasa. Namun demikian penyangkalan di fase ini akan mempercepat perasaan Anda dalam mengalami duka.

Sedih
Tentu akan menyedihkan bagi seorang anak, saat kehilangan orang yang mereka sayang. Rasa ini akan tertuang dalam bentuk tangisan atau ratapan.

Marah
Anak akan mengalami fase marah di mana ia teringat kata atau perbuatan orang yang meninggal, yang masih mengganjal di hatinya.

“Mungkin anak akan marah karena ada perbuatan yang pernah dilakukan dan si anak tidak suka,” lanjut Kline.

Andaikan..
Menurut Kline yang sudah berpengalaman sebagai terapis, anak terutama di atas usia tujuh tahun, selalu punya pemikiran magis yang luar biasa. Mereka mau melakukan suatu hal agar seseorang bisa kembali.

“Jadi mereka akan mulai mengatakan ‘Harusnya aku..’ atau ‘Aku ingin supaya…’, ‘Andai aku tidak bandel, Nenek/Bunda/Ayah mungkin masih hidup..,” tutur Kline lagi.

Penerimaan
Dalam fase ini, anak sudah bisa menerima bahwa seseorang sudah pergi dan tidak akan kembali. Namun, fase ini akan memakan waktu lebih lama dibanding saat fase pertama.

Ditekankan Kline, menjadi penting untuk membimbing anak melalui lima fase ini. Apalagi, anak belum bisa memahami adanya daur hidup yang berisi kehilangan dan kedatangan. (haibunda.com/Desy)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.