5 Fitur Rahasia Fingerprint Scanner pada Smartphone

Avatar of PortalMadura.com
5 Fitur Rahasia Fingerprint Scanner pada Smartphone
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu fitur yang fungsinya untuk mempermudah dalam membuka kunci layar yaitu atau pemindai sidik jari. Fitur yang sangat praktis dan memudahkan ini sudah dimiliki kebanyakan smartphone. Hanya dengan menempel salah satu jari Anda yang telah disetel, Anda langsung bisa menggunakan smartphone.

Selain itu, ternyata fitur fingerprint scanner mempunyai beberapa fungsi lain yang jarang diketahui. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dirangkum dari berbagai sumber. Lantas apa saja fungsi lain dari fingerprint scanner?

Berikut ini penjelasannya:

Mengunci Aplikasi Tertentu

Fitur rahasia fingerprint scanner yang pertama yaitu dapat mengunci aplikasi tertentu. Hal ini bisa mengamankan aplikasi-aplikasi Anda dari tangan-tangan jahil yang ingin melihat privasi Anda. Berbagai aplikasi penting seperti WhatsApp, Instagram, dan lain-lain bisa Anda kunci dan akan lebih aman.

Dalam hal ini, Anda bisa menginstal aplikasi yang bernama AppLock: Fingerprint & Pin. Selain tidak bisa membuka aplikasi yang sudah Anda kunci, orang yang berusaha untuk membuka aplikasi Anda ini akan diambil potret wajahnya, sehingga Anda bisa tahu siapa yang jahil melihat privasi Anda.

Setiap membuka aplikasi yang telah Anda kunci tersebut, maka harus menggunakan fingerprint scanner yang telah disetel atau menggunakan password.

Menyembunyikan Foto di Galeri

Masih seputar pengamanan privasi. Anda juga bisa memanfaatkan fitur fingerprint scanner untuk menyembunyikan foto tertentu di Galeri. Aplikasi yang digunakan yaitu Solo Phot – Gallery Privacy yang dapat menyembunyikan atau mengunci foto-foto yang Anda tidak ingin orang lain melihatnya yang ada di dalam galeri.

Jadi bila Anda tidak mau orang-orang melihat foto tertentu dalam galeri Anda, Anda bisa memakai aplikasi ini. Bila ingin membuka foto yang telah dikunci tersebut, maka harus menggunakan fingerprint scanner atau menggunakan password yang sudah Anda setel.

Pengganti Tombol Shutter Kamera

Fitur fingerprint scanner selanjutnya yang jarang diketahui yaitu dapat menjadi pengganti tombol shutter kamera. Tentunya banyak orang yang mengeluhkan saat berswafoto sangat susah untuk menekan tomblol shutter, apalagi dengan ukuran smartphone zaman sekarang yang lama kelamaan semakin besar.

Fitur fingerprint scanner bisa mengatasi keluhan Anda ini. Bahkan tidak perlu aplikasi, biasanya pada beberapa smartphone sudah ada pengaturan yang membuat Anda bisa menggunakan fingerprint scanner sebagai tomol shutter kamera ini. Namun bila smartphone Anda tidak memiliki keistimewaan tersebut, Anda bisa menginstal aplikasi Dactyl –Fingerprint Sensor Selfie Camera, walaupun aplikasi ini tidak gratis tentunya.

Baca Juga: 3 Tipe Sensor Sidik Jari di Smartphone yang Patut Diketahui

Mengunci Jurnal Pribadi

Selain itu, fingerprint scanner juga bisa difungsikan sebagai pengamanan jurnal pribadi. Lagi-lagi seputar privasi, Anda bisa menggunakan fingerprint scanner ini untuk mengunci semua tulisan pribadi yang Anda tidak ingin orang lain untuk melihatnya.

Anda bisa menginstal aplikasi yang bernama Journey di smartphone Anda dan mengatur untuk hanya dapat membuka jurnal dengan sidik jari Anda saja.

Menyetel Gesture Quick Action

Fungsi fingerprint scanner selanjutnya bisa Anda dapatkan dengan menginstal aplikasi yang bernama Fingerprint Gestures. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur quick action hanya dengan menggunakan sidik jari.

Misalnya saja Anda bisa mengambil screenshot hanya dengan fingerprint scanner dan lain-lain. Tentunya dengan begini aktivitas Anda dalam menggunakan smartphone akan menjadi lebih mudah dan praktis.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.