5 Hal yang Bikin Smartphone Cepat Rusak

Avatar of PortalMadura.Com
5 Hal yang Bikin Smartphone Cepat Rusak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan salah satu alat komunikasi canggih yang menunjang kegiatan sehari-hari dan saat ini digunakan oleh hampir semua orang. Namun meskipun begitu, banyak juga orang yang tidak paham soal tata cara memakai smartphone agar awet atau tahan lama.

Sebagian besar orang yang menggunakan smartphone hanya tahu ala kadarnya. Padahal, smartphone harus dirawat dengan beberapa kebiasaan ini agar awet dan kinerja perangkat tidak menurun. Lantas apa saja kebaisaan yang bisa dilakukan pengguna agar smartphone awet?

Mengabaikan Cache
Seringkali pengguna mengabaikan tentang apa itu cache. Padahal kalau dibiarkan menumpuk, jelas bakal menganggu kinerja Android.

Cara menghapus cache juga sangat mudah. Anda hanya perlu beranjak ke Settings -> Storage -> Cache Data -> lalu hapus cache yang ingin dihapus.

Mengabaikan Memori Internal
Pengguna smartphone Android juga tidak terlalu memperhatikan tentang pentingnya menjaga ruang memori internal. Mereka pasti doyan menyimpan file di perangkat sampai ruang memori internalnya penuh.

Nah, biasakan untuk tidak menyimpan file sampai full di dalam memori internal kalau tidak mau smartphone Anda sering error dan mati tiba-tiba.

Perlu diingat kalau smartphone Anda perlu ruang bebas untuk sistem yang berjalan di background. Paling tidak, sisakan ruang 1GB atau 2GB agar sistem bekerja secara optimal.

Terlalu Banyak Simpan Foto
Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone.

Apalagi di zaman sekarang semua orang sangat suka mengambil foto, tetapi foto yang diambil nyatanya malah memenuhi album bawaan di smartphone. Kalau sudah demikian, sistem pasti memerlukan sedikit waktu untuk membaca semua foto dan video, akibatnya hal ini bisa memaksa RAM smartphone bekerja ekstra.

Untuk mengakali hal ini, gunakan aplikasi Google Photos karena foto dan video yang disimpan di dalamnya memakai memori bawaan dari Google Photos.

Mengabaikan RAM
Pengguna seringkali juga tidak sadar kalau RAM smartphone sudah melebihi kapasitas pemakaian.

Biasanya, hal ini disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau gim yang dimainkan terlalu berat untuk spesifikasi smartphone Anda

Karenanya, biasakan untuk menyisakan ruang RAM smartphone untuk kinerja yang optimal.

Ngecas Smartphone Saat Tidur
Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone yaitu mengecas perangkat saat tidur. Kebiasaan ini, nyatanya dianggap membahayakan perangkat.

Ketika Anda sudah sering melakukan kebiasaan buruk ini, bisa dibilang usia baterai smartphone Anda bakal menurun. Pasalnya, durasi pengisian baterai smartphone saat perangkat tidak dimainkan pada umumnya itu hanya memerlukan waktu satu sampai dua jam saja.

Jadi, saat pengguna mengecas smartphone sambil memainkannya, itu tentu akan memaksa perangkat dengan daya berlebihan.

Karena itu, cobalah jangan mengecas perangkat sambil tidur. Usahakan smartphone diisi dayanya saat dimatikan sampai penuh. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.