oleh

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik Pakai Sepeda Motor

PortalMadura.Com – Menjelang Lebaran tahun 2019, biasanya masyarakat berlomba-lomba untuk melakukan mudik ke kampung halamannya. Selain menggunakan kendaraan umum, banyak juga yang memilih pakai sepeda motor sendiri untuk lebih mempercepat perjalanan.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda lantas tidak berhati-hati selama berkendara. Pasalnya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan para pemudik, khususnya pengendara kendaraan roda dua agar tetap aman dan nyaman di perjalanan.

Berikut tips yang patut untuk diperhatikan menurut GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M. Abidin:

Jasmani dan Rohani
Persiapkan fisik dan mental perlu dilakukan untuk mencegah pemudik kelelahan saat berkendara. Jika kondisi fisik dirasa sudah tidak bisa melanjutkan perjalanan, pengendara disarankan untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat.

Kendaraan
Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dengan melakukan pengecekan dan servis rutin di bengkel resmi.

Kelengkapan Berkendara
Gunakan helm, sepatu, jaket dan sarung tangan untuk melindungi Anda selama perjalanan. Persiapkan juga jas hujan untuk menghadapi cuaca yang tidak menentu di perjalanan.

Budaya Berkendara
Taati peraturan lalu lintas, menghargai dan menghormati sesama pengguna jalan serta menahan emosi harus selalu dilakukan agar perjalanan terasa menyenangkan. Pastikan juga membawa kelengkapan surat-surat seperti SIM dan STNK kendaraan.

Berdoa
Selalu awali perjalanan dengan berdoa agar senantiasa memperoleh keselamatan di perjalanan.

Baca Juga : 4 Tips Mudik Lebaran yang Nyaman dan Irit Biaya

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mudik lebaran pakai sepeda motor. Selamat mudik.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar