oleh

5 Jenis Jus yang Dipercaya Bisa Larutkan Batu Empedu

PortalMadura.Com – Umumnya, penyakit empedu lebih banyak menyerang wanita berumur, terutama bagi penderita diabetes dan yang menjalani diet tertentu. Pada awalnya, memang tidak ditunjukkan gejala tertentu dari munculnya penyakit jenis ini.

Namun pada tahap selanjutnya, baru muncul gejala seperti nyeri, mual, dan sakit kuning dari batu empedu ini. Perawatan medis standar untuk batu empedu simtomatik adalah operasi.

Sebenarnya untuk meredakan penyakit batu empedu ini, bisa dilakukan tidak hanya dengan operasi namun dengan konsumsi jus dan minuman tertentu. Ada sejumlah jus yang dapat melarutkan batu empedu.

Berikut lima minuman ajaib yang dipercaya bisa melarutkan batu empedu:

Apel dan Garam Epsom
Minum dua gelas jus apel setiap hari selama dua minggu untuk melunakkan batu empedu. Selanjutnya, larutkan satu sendok makan garam Epsom dalam segelas air. Minum dua atau tiga gelas larutan garam Epsom dalam sehari.

Garam Epsom dapat membuka saluran-saluran empedu untuk mengeluarkan batu empedu yang sudah melunak. Kebanyakan orang akan mengalami diare yang cukup parah setelah menenggak garam Epsom.

Jus Lemon dan Minyak Zaitun
Campur setengah cangkir jus lemon dengan setengah cangkir minyak zaitun. Minum ramuan itu dalam sekali tenggak. Minyak zaitun dapat memicu pengosongan kandung empedu dan asam sitrat dapat mengurangi kadar kolesterol dalam empedu, yang membantu dalam melarutkan batu empedu.

Loading...

Jus Apel
Anda bisa mencampur satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas jus apel dan meminumnya setiap pagi. Asam malat yang ditemukan dalam jus apel dapat melunakkan batu empedu. Selain itu, cuka sari apel dapat mengurangi kadar kolesterol dalam empedu yang juga ikut melarutkan batu empedu secara perlahan. Cuka sari apel juga bisa mencegah pembentukan batu empedu.

Baca Juga: Selain Tanda Kehamilan, Ini 5 Penyebab Rasa Mual

Jus Pir
Larutkan satu sendok makan madu dalam setengah gelas air hangat. Kemudian campur dengan jus pir. Pektin yang ditemukan dalam jus pir dikatakan dapat melarutkan batu empedu.

Teh Peppermint
Peppermint dapat merangsang aliran empedu, dan terpene, senyawa yang ditemukan dalam peppermint dapat membantu melarutkan batu empedu. Anda hanya perlu merendam daun mint dalam air panas untuk membuat teh peppermint. Minum beberapa kali dalam sehari untuk mengeluarkan batu empedu.

Lima ramuan minuman tersebut bisa Anda konsumsi untuk melunturkan batu empedu. Anda bisa mulai mengonsumsinya untuk menghilangkan masalah batu empedu yang Anda alami.


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Komentar