5 Kesalahpahaman yang Bisa Merusak Hubungan

Avatar of PortalMadura.com
5 Kesalahpahaman yang Bisa Merusak Hubungan
Ilustrasi (Tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Setiap pasangan pasti ingin pernikahannya selalu bahagia dan harmonis. Untuk mewujudkan hal itu, antara suami dan istri harus saling mendukung dan membutuhkan satu sama lain. Dukungan ini akan terasa penting ketika mengalami masa-masa yang sulit.

Saat itulah, kesetiaan kedua pasangan diuji. Apakah sama-sama mendukung atau justru menjauh karena tidak tahan dengan keadaan yang ada. Idealnya mungkin seperti itu, tapi hal ini ditanggapi berbeda oleh para ahli yang membuat garis besar tentang apa yang diharapkan dan apa yang menjadi kenyataan setelah menjalani dunia pernikahan.

Daripada terlalu berharap tinggi pada pasangan yang akhirnya membuat jengkel, coba baca dulu beberapa yang biasa dimiliki pria dan wanita berikut ini:

Membuat Pria Memilih Antara Pasangan dan Ibunya
Apa pun masalah dengan ibu mertua, mungkin pria akan lebih mementingkan ibunya terlebih dulu. Jika bisa diterima, suami mengalah saja, tapi jika sudah tidak bisa diterima, coba bicarakan pada suami secara langsung untuk mendapat solusi.

Mengharap Suami Mendengarkan Seperti Teman Wanita
“Pria dan wanita cenderung memiliki tujuan berbeda soal komunikasi. Pria peduli tentang mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah, dan wanita mengungkapkan perasaan untuk terhubung secara emosional,” kata pakar hubungan dan penulis Eleven Dating Mistakes Guys Make (And How to Correct Them), David Bennett.

Jadi sebaiknya, jika hanya ingin mengungkapkan apa yang menjadi beban dan tidak memerlukan saran, ceritakan pada teman wanita. Bennett menuturkan, mengharap pria untuk tetap diam hanya akan membuat pria merasa frustasi dan merasa tidak bisa membantu. Sementara wanita akan merasa tidak didengarkan.

Meminta Pria untuk Tidak Melihat Wanita Lain
Jujur, ini hal yang sangat egois. Bukankah wanita juga akan melihat pria lain yang lewat di depannya terlebih jika pria tersebut rupawan. Hanya karena menikah bukan berarti mata dibuat buta dan tidak bisa melihat hal menarik dari lawan jenis.

“Melihat adalah hal alami dan itu bahkan sehat selama hanya melihat,” kata Jason Arshan Nik, M.S, psikolog di California. Tapi jika sudah lebih dari itu, sebaiknya mulai tanyakan kebiasaan tersebut.

Baca Juga: Hati-hati, Kebiasaan Ini Dapat Menghancurkan Pernikahan Anda

Meminta Menyerah Akan Kegemaran
Seharusnya apa yang menjadi kegemaran suami adalah bagian yang dulu membuatnya menarik, jadi jangan hanya karena menikah lantas menahan keinginan, waktu dan energi yang dihabiskan pasangan untuk hobinya. Menurut Bennett, melakukan apa yang di sukai bukan artinya suami mengabaikan keluarga, tapi berikan dia waktu untuk kebahagiannya yang lain.

Meminta Mengingat Setiap Momen
Pria dan wanita terkadang memiliki ingatan yang berbeda, wanita mungkin mengingat kapan jatuh cinta, kapan bertunangan dan kapan menikah. Sementara pria mungkin hanya mengingat tanggalnya saja. Lupa ini bukan berarti suami tidak peduli sama sekali, ini kembali lagi pada otak pria dan wanita yang berbeda, yang mana wanita cenderung lebih mengingat kenangan emosional dibanding pria.

Jika itu memang momen penting, coba saja katakan betapa pentingnya kenangan itu dengan menandai di kalender, jadwalkan di ponselnya. Kalau dia masih tidak paham, coba katakan secara langsung, karena suami bukan orang yang bisa membaca apa yang penting dan memengaruhi pasangannya. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.