oleh

5 Khasiat Buah Cranberry yang Perlu Wanita Ketahui

PortalMadura.Com – Salah satu buah berwarna merah yang banyak ditemui di benua Eropa dan Amerika yaitu cranberry. Buah yang tergolong dalam keluarga beri ini sering digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan. Karena kandungan vitamin C dalam sebutir buah cranberry sangat tinggi.

Maka tidak heran jika buah cranberry digunakan berbagai produk kecantikan. Selain mengandung banyak vitamin, ternyata juga memiliki kandungan anti inflamasi, anti oksidan dan lain sebagainya. Semua kandungan yang terdapat dalam buah cranberry bermanfaat bagi kecantikan wajah dan rambut.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (14/10/2019) dari laman fimela.com yang dikutip dari Stylecaster. Berikut manfaat buah cranberry bagi kecantikan kulit dan rambut:

Mengencangkan Kulit

Selain memiliki kadar Vitamin C yang tinggi, cranberry juga diperkaya dengan antosianidin, sianidin, peonidin, dan polifenol yang memiliki merupakan anti oksidan. Anti oksidan sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas dan sinar UV yang bisa menyebabkan terjadinya tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit yang kehilangan elastisitasnya, dan pori-pori besar.

Kandungan vitamin C pada buah ini juga bisa membantu merangsang kulit untuk memproduksi kolagen yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit. Mengingat kulit yang kencang dapat membuat tampilan pori-pori tampak lebih kecil. Jadi cocok untuk Anda yang ingin memperkecil tampilan pori-pori.

Mengatasi Masalah Kulit Berjerawat

Tidak hanya mengandung anti aging agent, cranbberry juga memiliki khasiat anti bakteri yang dapat mengatasi bakteri-bakteri penyebab jerawat, serta khasiat anti inflamasi yang akan bekerja menenangkan jerawat, sehingga mencegah terjadinya iritasi kulit.

Bukan hanya itu saja, vitamin C yang ada dalam buah berwarna merah ini juga dapat membantu menyamarkan noda-noda bekas jerawat yang kehitaman dan masalah hiperpigmentasi lainnya pada kulit.

Loading...

Baca Juga: Gratis Kuponnya, Rebut Hadiah Senam Sehat Sambut Sampang Hebat Bermartabat

Membuat Kulit Tampak Lebih Bercahaya

Buah cranberry juga mengandung acid yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan wajah secara maksimal. Selain itu kandungan anti oksidannya juga dapat mengatasi masalah kulit kusam, sehingga wajah pun akan tampak lebih bersih, bercahaya dan cerah. Walau memberikan sedikit efek eksfoliasi, tetapi hal ini tidak akan membuat kulit Anda terasa kering, karena kandungan fatty acid yang ada pada buah ini dapat memberikan kelembapan pada kulit wajah.

Mencegah Penuaan Dini pada Rambut

Selain bisa mencegah munculnya masalah penuan pada kulit, anti-oksidan yang terkandung dalam buah cranberry juga dapat mencegah rambut beruban, yang merupakan tanda penuaan pada rambut.

Selain itu kandungan vitamin A, C, dan asam amino pada cranberry dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan dan mempebaiki folikel rambut yang rusak. Menggunakan hair mask dari buah cranberry diklaim dapat merangsang pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat, serta mengatasi masalah rambut bercabang.

Mengatasi Masalah Ketombe

Rambut yang berminyak bisa menyebabkan kulit kepala menjadi mudah kotor hingga tumbuhnya jamur yang dapat mengakibatkan munculnya masalah ketombe. Kandungan acid yang ada di dalam buah ini dapat membantu mengontrol produksi sebum pada kulit kepala, sedangkan sifat anti-bakterinya dapat mencegah munculnya jamur atau bakteri penyebab ketombe. Karena mengandung fatty acid, produk perawatan rambut yang mengandung ekstrak buah cranberry juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan berkilau.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber : fimela.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar