oleh

5 Khasiat Lobak Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Lobak merupakan salah satu sayuran yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, sayuran ini juga bisa dijadikan obat tradisional yang bisa mengobati demam, sakit tenggorokan, gangguan empedu, dan juga peradangan.

Oleh karena itu, mulai saat ini konsumsi lobak karena selain sebagai pengobatan tradisional, lobak juga mempunyai beberapa manfaat lain. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Mengandung Banyak Manfaat
Setengah cangkir lobak iris mengandung sekitar 12 kalori dan hampir tidak mengandung lemak. Jadi, lobak cukup baik untuk Anda yang sedang menjalani diet sehat. Lobak merupakan sumber vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh Anda dan juga membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh penuaan.

Vitamin C juga memainkan peran dalam produksi kolagen di dalam tubuh, yang dapat membuat kulit Anda tetap sehat. Selain itu, lobak juga mengandung kalium, folat, riboflavin, niacin, vitamin B-6, vitamin K, Kalsium, magnesium, zinc, fosfor, dan juga sodium.

Anti Kanker
Mengkonsumsi lobak dapat membantu mencegah kanker. Menurut Linus Pauling Institute, sayuran cruciferous mengandung senyawa yang dipecah menjadi isothiocyanate ketika dikombinasikan dengan air. Isothiocyanates dapat membantu membersihkan tubuh dari zat-zat penyebab kanker dan mencegah pertumbuhan kanker.

Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa ekstrak akar lobak mengandung beberapa jenis isothiocyanate yang menyebabkan kematian sel di beberapa jalur sel kanker.

Mendukung Sistem Pencernaan yang Sehat
Setengah lobak dapat memberi Anda satu gram serat. Makan beberapa porsi lobak setiap hari dapat membantu Anda mencapai tujuan asupan serat harian Anda. Serat membantu mencegah kontipasi dengan mengangkat tinja Anda untuk membantu membuang kotoran melalui usus. Serat juga dapat membantu Anda mengelola kadar gula darah, dan telah dikaitkan dengan penurunan berat badan serta menurunkan kolesterol

Daun lobak juga memiliki manfaat tersendiri. Hasil studi tahun 2008 yang dilakukan pada seekor tikus yang diberi diet tinggi kolesterol menunjukkan bahwa daun lobak merupakan sumber serat yang baik untuk membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Ini mungkin sebagian karena peningkatan produksi di empedu.

Sebuah studi terpisah juga menunjukkan bahwa jus lobak dapat membantu mencegah bisul lambung dengan melindungi jaringan lambung dan memperkuat penghalang mukosa. Penghalang mukosa berguna untuk membantu melindungi perut dan usus terhadap mikoroorganisme yang tidak ramah dan merusak racun yang dapat menyebabkan bisul juga peradangan.

Anti Jamur
Lobak merupakan anti jamur alami. Ia membantu protein antijamur RsAFP2. Sebuah studi menemukan bahwa RsAFP2 menyebabkan kematian sel pada Candida albicans, jamur yang biasanya ditemukan pada manusia. Ketika Candida albicans tumbuh besar, ia dapat menyebabkan infeksi jamur vagina, infeksi mulut (sariawan), dan kandidiasis invasif.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan pada seekor tikus, menunjukkan bahwa RsAFP2 tidak hanya efektif untuk Candida albicans, tetapi juga spesies Candida lainnya pada tingkat yang lebih rendah. Namun, RsAFP2 tidak efektif melawan strain Candida glabrata.

Mengurangi Efek Zen
Zearalenone (zen) merupakan jamur beracun yang menyerang banyak tanaman jagung dan pakan ternak. Hal ini telah dikaitkan dengan masalah reproduksi pada hewan dan manusia, meskipun resiko terhadap manusia lebih kecil. Menurut sebuah studi pada tahun 2008, ekstrak lobak dapat meningkatkan tingkat antioksidan pada tikus dan dapat dianggap sebagai cara yang aman untuk mengurangi dan mencegah efek zen. (okezone.com/Desy)