5 Khasiat Makanan Pedas Kesehatan Tubuh

Avatar of PortalMadura.Com
5 Khasiat Makanan Pedas Kesehatan Tubuh
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini menjadi favorit sebagian besar masyarakat terutama Indonesia. Oleh karena itu, berbagai menu tercipta yang tentunya untuk memanjakan lidah penyuka makanan pedas. Selain itu, banyak produsen makanan yang menjadikan makanan pedas sebagai menu andalan.

Meskipun akan menimbulkan efek buruk saat mengonsumsi berlebihan, namun makanan pedas ternyata mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaatnya?

Berikut ini penjelasannya:

Makanan Pedas Membantu Melawan Peradangan
Peradangan merupakan “pembunuh rahasia”, karena bisa meningkatkan risiko diabetes, Alzheimer, penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan kanker. Beberapa bumbu seperti kunyit, cengkeh, kayu manis, jahe dan juga cabai memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang dapat membantu melawan peradangan.

Makanan Pedas Memungkinkan Anda Hidup Lebih Lama
Anda mungkin ingin membumbui makanan dengan cabai jika ingin hidup sampai 100 tahun. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard dan Pusat Penyakit dan Pencegahan Kontrol China, mengonsumsi makanan pedas selama enam atau tujuh hari dapat menurunkan risiko kematian Anda sebesar 14 persen.

Mereka percaya bahwa konsumsi rutin makanan pedas dapat mengurangi faktor risiko kematian seperti kanker, penyakit pernapasan, dan penyakit jantung.

Makanan Pedas Mampu Melawan Penyakit Kanker
Capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam cabai juga dapat membantu melawan kanker. Dalam penelitian menggunakan seekor hewan, para peneliti menemukan bahwa capsaicin mencegah pertumbuhan kanker prostat.

Makanan Pedas Mampu Mengontrol Nafsu Makan Anda
Rempah-rempah seperti cabai, kayu manis dapat mengatur kadar gula darah Anda, dan membuat Anda lebih mudah untuk mengendalikan keinginan makan. Bumbu lain yang dapat membantu mengatur gula darah termasuk basil, cengkeh merah, lavender, oregano, lemon balm, mint, dan daun ketumbar.

Makanan Pedas Akan Membantu Metabolisme Anda
Membumbui makanan Anda dengan cabe rawit dapat membuat metabolisme Anda meningkat. Bumbu ini juga bisa mengatur selera makan Anda. Oleh sebab itu, saat ini cabai kerap disebut sebagai bumbu ajaib. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.