Indonesia Apresiasi Komitmen AS Tingkatkan Perdagangan dengan ASEAN

Avatar of PortalMadura.Com
Indonesia Apresiasi Komitmen AS Tingkatkan Perdagangan dengan ASEAN
Tekstil produksi Indonesia, salah satu komoditas ekspor Indonesia ke Amerika Serikat. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, mengapresiasi komitmen untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dengan negara-negara .

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan apresiasi itu dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, di sela-sela forum Menteri Luar Negeri ASEAN di Singapura Expo, Jumat.

“Hampir semua Menlu menyampaikan apresiasi tersebut,” ujar Menteri Retno, Jumat malam, kepada wartawan, di Singapura. dilaporkan Anadolu Agency, Sabtu (4/8/2018)

Kepada Pompeo, Retno menyampaikan sejumlah data faktual mengenai ekspor AS ke ASEAN yang meningkat selama 10 tahun terakhir, bahkan menempati posisi empat besar.

Selain itu, Retno juga menyampaikan bahwa rata-rata ekspor negara ASEAN ke AS cukup besar, meski baru sekitar lima persen tiap tahunnya.

“Artinya ASEAN memiliki potensi dan kapasitas besar, sehingga hubungan dagang, investasi antara ASEAN dengan AS akan menguntungkan kedua pihak, bukan zero, karena data datangnya ada,” ujar Retno.

Dengan Indonesia, Badan Pusat Statistik mencatat total perdagangan kedua negara sebesar USD25,91 miliar pada 2017. Dari jumlah itu, ekspor Indonesia ke AS mencapai USD17,79 miliar sementara impor USD8,12 miliar.

BPS juga mencatat komoditas ekspor Indonesia ke AS terutama udang, karet alam, ban, alas kaki dan tekstil. Sementara impor komoditas AS ke Indonesia berupa kapas, kedelai, tepung gandum, pakan ternak dan tepung maizena.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.