5 Khasiat Tersembunyi Buttermilk untuk Perawatan Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
5 Khasiat Tersembunyi Buttermilk untuk Perawatan Kecantikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Umumnya, buttermilk sama halnya dengan produk olahan susu yang juga menawarkan beragam manfaat untuk kecantikan kulit. Sayangnya, belum banyak orang yang tahu manfaat dari buttermilk.

Pada dasarnya, buttermilk merupakan cairan sisa proses pembuatan mentega dari krim atau susu yang memiliki tekstur kental dengan rasa cenderung asam karena adanya proses fermentasi. Selain digunakan untuk menjadikan hasil hidangan yang lebih nikmat, coba manfaatkan buttermilk sebagai perawatan untuk kecantikan kulit.

Nah, berikut ini lima manfaat buttermilk untuk kecantikan:

Membersihkan Wajah Secara Efektif
Membersihkan wajah sebelum tidur merupakan ritual wajib untuk menjaga kondisi kulit wajah agar senantiasa terbebas dari berbagai permasalahan, seperti jerawat dan juga komedo. Membersihkan wajah tidak bisa dilakukan secara sembarangan, perlu dipastikan setiap sisa makeup, kotoran, dan minyak berlebih benar-benar hilang sampai ke dalam pori-pori.

Buttermilk dapat diandalkan untuk membantu proses membersihkan wajah secara lebih mendalam. Bahan alami ini diketahui memiliki kandungan lactic acid yang dikenal akan keampuhannya dalam mengangkat kotoran sekaligus sel kulit mati. Sebagai cleanser, bisa dituangkan buttermilk pada kapas dan mengusapkannya secara lembut ke seluruh permukaan wajah dan leher. Jika cukup terganggu dengan aroma amisnya, campurkan beberapa tetes air mawar atau olive oil untuk menyamarkan baunya.

Mencerahkan Kulit
Di samping efektif dalam membersihkan wajah dari kotoran dan sel kulit mati, buttermilk ternyata juga bermanfaat untuk menjadikan tampilan kulit wajah tampak lebih cerah berkat adanya lactic acid yang tergolong sebagai kandungan AHA. Jenis asam yang terdapat dalam buttermilk ini bekerja sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus menyamarkan bekas jerawat. Dengan begitu, tampilan wajah pun akan tampak bersih.

Jika tertarik mencerahkan wajah dengan bahan ini, Anda bisa menghaluskan kulit jeruk yang sudah dikeringkan dan mencampurnya dengan buttermilk. Aplikasikan sebagai masker selama kurang lebih 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 11 Manfaat Susu Bagi Kecantikan, Begini Cara Penggunaannya

Menghaluskan Tekstur Sekaligus Meratakan Warna Kulit
Kandungan lactic acid yang terdapat di dalam buttermilk juga dapat membantu memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit. Jika tekstur kulit terasa kasar dan warnanya pun tampak tidak merata, bisa mencoba menggunakan buttermilk untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Caranya cukup mudah, tinggal campur dan aduk buttermilk dengan bubuk kunyit dalam sebuah wadah, kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan wajah. Tunggu sekitar 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air hangat. Dengan menerapkan ritual ini secara rutin, tampilan wajah secara perlahan akan tampak lebih halus. Selain itu, rona wajah juga akan cerah secara perlahan.

Menenangkan Kulit yang Terbakar
Sunburn atau kulit yang terbakar, tidak hanya akan terasa perih, tetapi juga dapat mengganggu penampilan. Perawatan yang kurang tepat pada kulit yang mengalami sunburn dapat mengakibatkan kondisinya jadi semakin parah.

Oleh karena itu, pilihlah cara penanganan yang aman, salah satunya dengan menggunakan buttermilk. Anda bisa mencampur buttermilk dingin dengan jus tomat, kemudian aplikasikan pada area kulit yang terbakar sinar matahari. Kandungan vitamin A dan C dalam kombinasi dari kedua bahan alami tersebut, diketahui dapat memberikan efek soothing pada kulit Anda yang perih.

Mengencangkan Kulit
Selain beberapa manfaat di atas, buttermilk juga memiliki kandungan yang efektif untuk mengencangkan sekaligus membantu melawan tanda-tanda penuaan dini. Lactic acid dan protein yang terdapat dalam buttermilk dapat bekerja sebagai astringent yang dapat membantu menyamarkan tampilan pori-pori sekaligus menjadikan kulit Anda menjadi tampak lebih sehat dan kencang.

Menariknya lagi, buttermilk juga berfungsing sebagai moisturizer untuk melembapkan dan melembutkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengaplikasikan buttermilk sebagai masker, caranya campurkan bentonite clay dengan bubuk oatmeal. Setelah didiamkan selama 30 menit, bilas dengan air dingin. Jika dilakukan secara rutin, kulit pun akan jauh terasa lebih sehat dan kencang. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.