5 Khasiat Tersembunyi Rutin Konsumsi Pepaya Bagi Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
5 Khasiat Tersembunyi Rutin Konsumsi Pepaya Bagi Kecantikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pepaya merupakan salah satu buah tropis yang sering kali dianggap kurang menarik untuk dikonsumsi. Padahal, buah berwarna orange ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah penting dari beberapa buah yang disebut superfood, seperti buah kiwi dan blueberry.

Tidak hanya itu saja, pepaya juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari vitamin, mineral, hingga enzim. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari rutin mengonsumsi pepaya untuk kecantikan.

Berikut lima manfaat mengonsumsi pepaya bagi kecantikan, seperti dikutip PortalMadura.Com, Kamis (14/11/2019) dari Merdeka.com:

Mencegah Bloating

Pepaya dipercaya bisa membantu mencegah dan mengatasi bloating. Enzim papain yang dikandung pepaya bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan protein. Sebuah studi menemukan bukti kalau konsumsi formula yang berbahan dasar pepaya selama 40 hari bisa meningkatkan kelancaran pencernaan dan mencegah bloating.

Melindungi Kulit dari Kerusakan

Penelitian membuktikan bahwa vitamin C dan likopen yang terkandung di dalam buah pepaya bisa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari. Likopen di dalam pepaya juga bisa meringankan ruam merah pada kulit.

Menjadikan Kulit Awet Muda

Sebuah penelitian menunjukkan kalau wanita dewasa yang mengonsumsi panganan sumber likopen, vitamin C, dan antioksidan lain selama 14 minggu menunjukkan pengurangan kerut dan garis halus di wajah yang signifikan. Pepaya merupakan sumber vitamin C dan likopen yang tinggi. Konsumsi buah ini secara teratur bisa membantu mengatasi gejala penuaan dini.

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Konsumsi Jus Pepaya Bagi Kesehatan

Menjadikan Kulit Glowing

Serat di dalam buah-buahan seperti pepaya bisa menutrisi mikroorganisme yang menguntungkan tubuh. Berkat kandungan seratnya yang tinggi, pepaya bisa membantu melancarkan pencernaan. Sementara pencernaan yang baik merupakan salah satu syarat kulit sehat. Enzim dan vitamin di dalam pepaya juga bisa menjadikan kulit glowing dari dalam.

Mencegah Kerontokan Rambut

Nutrisi di dalam pepaya juga bisa membantu mencegah kebotakan. Manfaat ini pun sudah dibuktikan oleh penelitian. Mengonsumsi seporsi buah ini setidaknya tiga kali seminggu bisa membantu menurunkan risiko kebotakan. Selain itu, pepaya juga mengandung asam folat yang bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga batang rambut bisa tumbuh dengan baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.