5 Khasiat Vitamin B Untuk Kecantikan, Apa Saja?

Avatar of PortalMadura.Com
5 Khasiat Vitamin B Untuk Kecantikan, Apa Saja?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Vitamin mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bagi kecantikan, apalagi untuk kulit vitamin yang paling sering digunakan adalah vitamin C dan E. Oleh karena itu vitamin ini banyak terkandung di berbagai merk produk kecantikan.

Namun, ternyata selain vitamin C dan E ada juga vitamin yang mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan. Vitamin apakah itu?.

Berikut penjelasannya:

Vitamin B2
Vitamin B2 atau Riboflavin merupakan vitamin yang membantu metabolisme tubuh serta berperan untuk memecah makanan dan menyediakan nutrisi untuk kulit, rambut, serta kuku. Oleh karena itu, kekurangan vitamin B2 dapat memperlambat proses regenerasi kulit, rambut, maupun kuku.

Vitamin ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang dikenal dapat menghambat laju penuaan. Tidak hanya itu, vitamin B2 juga membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut dan mencegah peradangan pada kulit acne prone, maupun kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis.

Sumber vitamin B2: ragi, susu, yogurt, kedelai, edamame, jamur, dan brokoli.

Vitamin B3
Sedangkan, vitamin B3 atau niacin mampu meningkatkan kondisi tekstur kulit dan menjadikannya lebih lembut dan halus. Selain itu, vitamin B3 juga kerap dimanfaatkan untuk membantu mengatasi kulit kering dengan menjaga kelembapan pada kulit lebih lama. Nah, karena vitamin ini juga menghambat transfer pigmen ke sel-sel kulit, maka pembentukan flek hitam pun bisa diminimalisir. Tidak hanya meminimalisir, vitamin B3 juga mampu mengurangi flek hitam, lho! Selain kulit, niacin juga membantu memperlancar sirkulasi darah ke kepala, sehingga membantu pertumbuhan rambut.

Sumber vitamin B3: ikan, tuna, ayam, jamur, kacang-kacangan, dan daging sapi.

Vitamin B5
Vitamin B5 atau pantothenic acid ternyata menyimpan sederet manfaat untuk kulit, lho! Mulai dari membantu kulit memproduksi kolagen yang dapat memperlambat proses penuaan, mengurangi iritasi maupun inflamasi, dan mengontrol produksi minyak, sehingga membantu meredakan jerawat juga. Vitamin ini juga cukup populer dalam industri skin care karena kemampuannya menahan kelembapan, sekaligus menghidrasi kulit agar terasa lebih kenyal dan sehat.

Sumber vitamin B5: tomat, jamur, brokoli, ayam, telur.

Vitamin B9
Nama vitamin B9 atau asam folat mungkin terdengar cukup familiar. Pasalnya, asam folat cukup populer sebagai salah satu kandungan yang esensial untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena manfaatnya untuk kesehatan. Pada dasarnya, vitamin B9 membantu tubuh memproduksi sel darah merah, yang penting untuk proses perbaikan lapisan kulit, termasuk di antaranya jerawat dan luka. Namun, tidak hanya itu, asam folat juga memiliki sederet manfaat untuk rambut, seperti mencegah uban, membuat rambut lebih tebal, berkilau, serta mencegah dan mengurangi kerontokan.

Sumber vitamin B9: bayam, sayuran hijau, jeruk, kacang merah, tomat, dan alpukat.

Vitamin B12
Vitamin B12 kerap direkomendasikan sebagai suplemen untuk wanita. Alasannya, vitamin B12 mampu mengatur pigmen pada kulit dan mencegah hiperpigmentasi, sehingga membuat warna kulit lebih merata. Sehingga, vitamin ini dapat membantu membuat wajah terlihat tidak kusam. Tidak hanya itu, vitamin ini juga membantu pertumbuhan rambut yang sehat, serta membantu memproduksi protein keratin di kulit kepala yang dapat mencegah dan mengurangi kerontokan.

Sumber vitamin B12: daging sapi, hati sapi, ayam, susu, keju dan telur. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.