5 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Usai Mudik Lebaran

Avatar of PortalMadura.com
5 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Usai Mudik Lebaran
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan satu momen yang biasa terjadi setiap tahun. Setelah menghabiskan libur lebaran bersama keluarga di kampung halaman, waktunya kembali ke rumah dan melanjutkan pekerjaan.

Bagi pemudik yang menggunakan mobil pribadi selama mudik, sebaiknya memperhatikan beberapa setelah dipakai melakukan perjalanan jauh. Apa saja komponen mobil yang perlu diperiksa?

Berikut ini penjelasannya:

Pelumas atau Oli
Jika sebelum pergi mudik sudah dilakukan pergantian oli, sebaiknya tetap dilakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran atau tidak.

Coba lihat melalu dip stick, dan setelah itu lihat apakah bagian di sekitar mesin ada yang basah akibat rembesan oli atau tidak.

Filter Bahan Bakar
Khusus bagi kendaraan bermesin diesel, sebaiknya diperiksa juga filter bahan bakarnya. Penggunaan bahan bakar selama mudik dengan berbagai kondisi membuat filter bahan bakar ini rentan kotor.

Penggantian filter secara rutin juga meminimalisir kotoran masuk ke dalam proses pembakaran.

Baca Juga: Pelaku Penembakan Masih Bebas Berkeliaran di Madura

Kaki-kaki
Beragam kondisi jalan membuat bagian ini rentan terpengaruh dan membutuhkan pemeriksaan menyeluruh. Pemeriksaan kaki-kaki cukup mudah.

Bagian shockbreaker misalnya, pemilik cukup melihat dan meraba bagian tabung. Jika ada rembesan oli bisa jadi piranti mengalami kerusakan.

Bagian kaki-kaki juga termasuk kondisi ban. Setelah pemakaian mudik cek kondisi tekanan ban, juga tidak lupa melihat Tread Wear Indicator (TWI) berupa segitiga untuk melihat tingkat keausan ban.

Rem
Untuk bagian ini, coba cek ketebalan kampas rem. Sebab, kondisi perjalanan mudik yang beragam juga memaksa rem bekerja keras.

Interior Mobil
Selama perjalanan kabin mobil menjadi seperti rumah kedua. Untuk itu pasti banyak sisa-sisa makanan di dalam kabin, jika dibiarkan kotoran ini akan menjadi kuman penyakit.

Untuk itu sebaiknya bersihkan kabin mobil secara menyeluruh menggunakan vacuum cleaner.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.