5 Macam dan Fungsi Oli Mobil yang Perlu Dipahami

Avatar of PortalMadura.com
5 Macam dan Fungsi Oli Mobil yang Perlu Dipahami
ilustrasi

PortalMadura.Com – Oli merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor yang punya fungsi untuk melumasi mesin. Karena fungsinya tersebut, tanpa adanya komponen yang satu ini, mesin pada kendaraan bisa cepat panas dan mengalami kerusakan, melansir dari laman Liputan6.com, Ahad (19/4/2020).

Maka dari itu, menjaga kualitas oli agar tetap baik memang harus dilakukan. Caranya adalah dengan melakukan pergantian oli dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Perlu diketahui, bahwa oli tidak hanya terdapat satu jenis, sedikitnya ada lima jenis oli yang memiliki tugas berbeda pada sebuah mobil. Apa saja?.

Baca Juga: Perbedaan Oli Sintetis dan Non Sintetis yang Jarang Diketahui

Berikut lima jenis oli yang sebaiknya pemilik kendaraan pahami agar tidak salah menggantinya, seperti dikutip Liputan6.com dari Garda Oto:

Oli Mesin

Digunakan sebagai pelumas, oli mesin juga berfungsi mengurangi gesekan dan mendinginkan mesin. Terbagi menjadi beberapa jenis, oli mineral berasal dari perut bumi dan memiliki harga lebih terjangkau. Hal ini membuat oli jenis ini banyak digunakan untuk mesin diesel.

Meski berbahan alami, oli semi sintetis telah dicampur dengan bahan additive dan viscosity index. Oli jenis ini cocok digunakan pada mesin sedang seperti mobil penumpang.

Oli sintetis dibuat dari bahan buatan. Karena itu, karakter dan kualitas oli bisa diatur sesuai keinginan. Sayangnya, oli sintetis memiliki harga yang mahal dan banyak digunakan untuk mobil modern. Agar tetap dalam kondisi baik, jangan lupa mengganti oli mesin ketika mencapai jarak 5.000 hingga 10.000 kilometer.

Oli Transmisi

Berada pada sistem transmisi, oli ini membuat proses pergantian gigi berlangsung lebih mudah. Pada transmisi manual bahan yang digunakan adalah bahan alami dengan kekentalan di atas SAE 40.

Sementara Automatic Transmission Fluid (ATF) adalah jenis oli yang digunakan oleh mobil matik. Oli transmisi pada mobil manual sebaiknya diganti saat jarak 10.000 kilometer dan mobil matik mencapai 20.000 kilo meter.

Oli Gardan

Supaya hubungan transmisi ke gardan lebih lancar, pemilik kendaraan juga perlu memerhatikan oli jenis ini. Ketika terjadi dengung saat mobil dikendarai, artinya pemilik perlu mengganti oli gardan. Agar tetap terjaga, Anda bisa mengganti oli gardan pada kilometer 10.000 kilometer.

Oli Rem

Biasa disebut minyak rem, tugas oli ini ialah mamastikan tenaga tekan pada pedal ke kaliper rem berfungsi dengan baik. Minyak rem terbuat dari bahan sintetis dengan tingkat kekentalan rendah.

Penggantian minyak dilakukan bila warna sudah mengalami perubahan, atau mobil sudah menempuh jarak 30.000 kilometer.

Oli Power Steering

Kemudahan mengendalikan kemudi didapat karena adanya oli power steering. Berwarna normal orange atau merah muda, pemilik wajib mengganti oli saat warna berubah menjadi hitam atau cokelat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.