oleh

5 Makanan yang Harus Dihindari Agar Bisa Tidur Nyenyak

PortalMadura.Com – Mengalami insomnia atau sulit tidur di malam hari memang sangat mengganggu aktivitas harian. Parahnya lagi, kurang tidur juga berakibat buruk pada ingatan, produktivitas, dan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Maka dari itu, istirahat yang cukup sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan Anda kurang tidur, salah satunya pola makan Anda.

Berikut lima makanan dan minuman yang harus Anda hindari agar bisa tidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan segar setiap hari:

Daging Merah
Usai seharian penat bekerja, beristirahat sembari menikmati kudapan berbahan daging pasti nikmat sekali rasanya. Namun mengonsumsi daging, khususnya daging merah saat malam ternyata akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda.

Sebab, daging merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan lain. Jadi, saat Anda makan di malam hari, pilih makanan yang lebih ringan karena akan membuat Anda merasa lebih nyaman ketika saatnya tidur.

Makanan Pedas
Bagi sebagian besar orang, mengonsumsi makanan pedas merupakan hobi. Bahkan ada orang yang merasa harus menambahkan sambal di makanannya. Namun Artis dari the Sleep Council, Lisa, menyarankan mereka yang memiliki masalah tidur untuk menghindari makan-makanan pedas. Capsaicin, unsur pedas dalam cabai, bisa mengganggu ketenangan Anda. Gibson juga mengatakan makanan pedas dapat menaikkan suhu tubuh, menyebabkan Anda merasa tidak nyaman.

Kafein
Mengonsumsi kopi atau minuman berkafein memang memberi kenikmatan sekaligus kesegaran. Tapi, berhati-hatilah mengonsumsi minuman berkafein saat larut malam. Yah, kafein adalah stimulan yang bisa membuat Anda gelisah.

Loading...

Selain itu, kafein memblokir adenosin kimia yang memberi efek terjaga sekitar enam jam, mencegah Anda mendapatkan jumlah tidur harian yang direkomendasikan.

Pakar tidur bermana Dave Gibson, menyarankan agar Anda membatasi konsumsi kafein harian Anda. “Atur waktu untuk mengonsumsi kafein dan berhenti minum kafein setelah makan siang. Jumlah maksimal untuk mengonsumsi kafein adalah dua cangkir per hari,” ucapnya.

Alkohol
Minum segelas alkohol mungkin menjadi pilihan banyak orang untuk melepas penat. Padahal, alkohol justru membuat Anda merasa lebih lelah. Saat efek stimulan alkohol berkurang, alkohol akan berfungsi sebagai obat penenang. Tapi, alkohol tidak menjamin kualitas tidur Anda di malam hari.

“Alkohol secara negatif memengaruhi keseimbangan tidur REM,” papar Gibson.

Gibson mengatakan tidur REM berfungsi membuat tubuh segar dan memproses memori jangka pendek, terutama saat paruh kedua malam. “Jadi, alkohol bisa mengganggu tidur selama periode ini,” tambahnya.

Gula
Makanan manis memang menggoda selera. Namun, makanan dengan kadar gula tinggi dapat memberi Anda dorongan energi instan dan membuat Anda tidak merasakan kantuk.

Artis merekomendasikan Anda mengonsumsi sereal gandum dengan kadar gula rendah untuk meningkatkan ketersediaan tryptophan dalam aliran darah.

“Tryptophan adalah asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin dan melatonin yang merangsang tidur,” tambahnya.

Artis juga menambahkan, tryptophan merupakan neurotransmitter yang merangsang perasaan santai yang memperlambat aliran saraf dan menghentikan otak berdengung. Salah satu makanan sehat yang mengandung tryptophan adalah pisang. Jadi, Anda bisa mengonsumsi buah ini sebelum tidur. (kompas.com/Salimah)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar