oleh

5 Masalah yang Biasa Terjadi pada Radiator

PortalMadura.Com – Radiator merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan. Karena alat ini berfungsi untuk mendinginkan mesin yang sering mengalami panas berlebih.

Meski radiator tahan panas, namun komponen ini memiliki batasan ketahanan terhadap suhu panas. Disebabkan radiator terbuat dari aluminium atau pipa berbahan plastik yang lama-kelamaan akan memuai atau melengkung.

Jika memuai, maka oli tak bisa mengalir secara maksimal. Hal ini membuat komponen lainnya aus, karena kekurangan pelumas. Bahkan dampak terburuknya ialah turun mesin.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut beberapa masalah radiator yang perlu Anda ketahui.

Kipas Radiator Mati

Kipas radiator pada selang dapat mati akibat overheat atau kondisi di mana mesin mengalami panas berlebih. Kondisi ini dapat muncul karena kipas radiator yang mati karena air radiator habis.

Rusaknya Radiator Akibat Benturan

Radiator yang pernah mengalami benturan atau lontaran batu dapat mengalami disfungsi. Hal ini dikarenakan benturan dapat menyebabkan komponen melengkung atau bocor.

Jika radiator bocor, maka air pendinginnya akan mudah sekali habis. Padahal, Anda tahu kalau air pendingin berfungsi untuk mendinginkan mesin.

Sumbatan pada Selang Radiator

Sumbatan pada radiator akibat kerikil atau benda lain dalam selang radiator dapat mengganggu jalannya air pendingin.

Kebocoran Radiator

Jika selang radiator bocor, pemilik dapat melihat tetesan air di bawah bumper depan mobil. Jika tetesan berada di bagian tengah, maka itu bukan karena kebocoran pada, melainkan tetesan air AC.

Jika, selang radiator bocor, maka tetesan air terdapat di bagian bawah mesin mobil.

Korosi

Perhatikan radiator menggunakan senter. Lihat apakah terdapat korosi (karat) pada komponen tersebut. Karat bisa terjadi akibat kebocoran radiator.

Jika Anda melihat korosi dan rembesan air pada radiator, maka bisa dipastikan kalau radiator mobil rusak. Segera perbaiki atau pergi ke bengkel agar mendapat perbaikan.

Jangan lupa melakukan servis secara rutin untuk mengetahui apakah ada masalah yang terjadi. Dengan begitu, pencegahan dapat dilakukan.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Liputan6.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.