5 Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
5 Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sakit gigi bisa menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling menyiksa. Sebab, tidak hanya sakit di gigi yang dideritanya, melainkan sakit kepala, demam, hingga nyeri atau rasa cenut-cenut juga dirasakan.

Bahkan, sakit gigi juga bisa memengaruhi mood dan suasana hati. Sebenarnya, permasalahan yang satu ini disebabkan oleh gigi berlubang atau pun gigi tumbuh dan lainnya. Bisa juga ketika gigi hendak tanggal, hal yang biasa terjadi pada anak-anak yang dalam masa berganti gigi susu ke gigi dewasa.

Mengenai gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa hingga lansia. Sebenarnya, banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Nah, berikut ini lima penyebab gigi bisa berlubang yang perlu Anda ketahui:

Cara Menyikat Gigi yang Salah
Anda pasti jarang menyadari bahwa Anda menyikat gigi dengan cara yang salah. Mungkin ada sebagian yang beranggapan, yang penting sikat gigi supaya mulut tidak bau. Hal ini tentu merupakan cara berpikir yang salah.

Karena jika Anda asal-asalan menyikat gigi, maka sisa makanan yang ada pada gigi tidak akan terbasmi dengan sempurna. Hal ini akan menyebabkan kuman-kuman pada sisa makanan membuat gigi malah berlubang. Maka dari itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

Jarang Menyikat Gigi
selanjutnya adalah jarang menggosok gigi. Ketika jarang dan malas menggosok gigi, maka bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan gigi berlubang. Rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.

Alat Menyikat Gigi Salah
Memakai sikat gigi dan pasta gigi yang tidak sesuai ternyata dapat menyebabkan lubang pada gigi. Misalnya, mulut Anda kecil namun memakai sikat gigi yang besar. Hal ini tentu akan membuat sikat gigi tidak dapat menjangkau semua gigi dengan sempurna sehingga sisa makanan yang tertinggal dalam mulut tidak terbasmi dengan baik.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis
Rasanya hampir semua makanan mengandung gula atau perasa makanan manis. Ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri justru semakin nyaman bersarang di mulut. Bakteri yang berkembang akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan.

Karies Gigi
Penyebab gigi berlubang terakhir adalah karies gigi. Karies gigi merupakan penyakit infeksi pada gigi yang merusak struktur gigi. Jika tidak segera ditangani, maka bisa jadi gigi berlubang atau parahnya harus dicabut agar infeksi tidak menyebar.

Karies gigi ini bisa disebabkan oleh enamel gigi yang tidak terbentuk sempurna, masuknya bakteri streptococcus mutans dan lactoballi ke dalam mulut, serta faktor-faktor lainnya. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.