5 Penyebab Jari Tangan Bengkak yang Harus Anda Waspadai

Avatar of PortalMadura.com
5 Penyebab Jari Tangan Bengkak yang Harus Anda Waspadai
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapapun akan kaget jika tiba-tiba dan terasa tidak nyaman. Meskipun kadangkala hal itu dirasa biasa saja, namun tidak ada salahnya jika keadaan itu dikonsultasikan ke dokter. Karena tentu saja disebabkan oleh beberapa hal. Atau juga menjadi tanda ada masalah dengan kesehatan. Lantas apa saja penyebab jemari bengkak?

Berikut ulasannya:

Cuaca Panas
Cuaca panas menyebabkan pembuluh darah melebar. Dengan begitu, tubuh lebih bisa melepaskan panas dari kulit, jelas asosiat profesor bidang reumatologi di University of Chicago Tammy Olsen Utset, MD, MPH.

Ketika pembuluh darah meregang, beberapa cairan bisa merembes pada jaringan tubuh yang lembut dan menyebabkan sembap pada tubuh.

Dr Utset mengatakan, pembengkakan tubuh seperti itu cenderung akan pulih ketika tangan digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Bila kondisi bengkak hanya pada tangan dan jemari (dan tidak pada kedua kaki), disertai dengan nyeri serta kesulitan untuk menggenggam, itu bisa jadi tanda ada masalah pada kesehatan. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Telalu Banyak Garam
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi garam seperti keripik asin atau goreng-gorengan bisa menyebabkan jemari tangan membengkak. Tubuh akan menjaga kadar air yang dikandungnya tetap seimbang. Mengonsumsi banyak garam artinya tubuh harus mempertahankan lebih banyak air yang akhirnya membuat tubuh membengkak, jelas Dr Utset.

Biasanya tubuh yang bengkak karena terlalu banyak makan makanan mengandung garam akan pulih dalam sehari. Kondisi itu bisa juga bertahan lebih lama, tergantung dari seberapa banyak garam yang tersimpan dalam tubuh. Jika Anda sudah mengurangi asupan garam namun tubuh tetap bengkak, segera temui dokter.

Osteoarthritis atau Rheumatoid Arthritis
Bila hanya bagian persendian jari yang membengkak, kemungkinan besar Anda menderita osteoarthritis. Terutama bila jari membengkak di pagi hari. Osteoarthritis merupakan penyakit terkait bertambahnya usia, seringkali disertai nyeri dan kaku seperti disampaikan Utset.

Sementara itu, jemari bengkak juga bisa disebabkan oleh rheumatoid arthritis (RA) yaitu penyakit autoimun yang menyerang garis persendian. Tidak seperti osteoarthritis, RA tidak terkait usia alias bisa menyerang individu usia berapa pun.

Penyumbatan di Sistem Limfatik
Lymphedema merupakan penyakit yang menyebabkan anggota tubuh membengkak karena cairan tubuh yang membawa kotoran, bakteri dan virus keluar dari tubuh tidak bisa disalurkan dengan sempurna. Jemari tangan dan kaki bisa saja membengkak.

Biasanya lengan serta kaki juga ikut membengkak. Menurut laporan dari National Cancer Institute, kulit akan terasa ketat dan tebal dari biasanya.

Lymphedema dikaitkan dengan pembedahan atau radiasi dalam pengobatan kanker payudara. Pada kasus yang jarang terjadi, lymphedema juga bisa disebabkan oleh perkembangan abnormal pada sistem limfa.

Masalah pada Ginjal
Saat ginjal gagal untuk membuang kelebihan cairan kondisi ini juga disebut dengan edema, tubuh akan menyimpan cairan sehingga tangan membengkak. Edema bisa memengaruhi bagian tubuh mana pn, tapi umumnya terjadi di tangan, kaki, serta pergelangan kaki. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.