oleh

5 Permainan yang Dari Dulu Hingga Sekarang Masih Banyak Peminatnya

PortalMadura.Com – Bagi anak-anak zaman dulu pasti sangat akrab dengan permainan tradisional yang sekarang mulai ditinggalkan. Karena berkembangnya teknologi yang semakin canggih menjadikan permainan ini sudah tidak mempunyai penggemar bahkan cenderung dilupakan.

Padahal permainan ini sebenarnya perlu anak-anak zaman now ketahui karena selain untuk mengasah otak, permainan ini juga bisa membantu Anda dan anak istirahat sejenak dari gadget. Nah, ini beberapa permainan yang masih diminati dari dulu hingga sekarang. Penasaran?.

Berikut ulasannya:

Catur
Catur adalah salah satu permainan board game tertua dan terpopuler yang pernah ada, bahkan dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga. Catur sendiri sudah ada dari abad ke-6 dan pertama kali dikenal di India dengan nama chaturanga, namun baru pada abad ke-19 peraturan catur dibakukan. Saat ini catur sendiri mengalami berbagai modifikasi dan semakin modern, beberapa diantaranya adalah: grand chess yang memiliki 100 kotak, hexagonal chess dengan bentuk papan segi enam, hingga double chess yang memiliki 192 kotak.

Monopoli
Permainan yang satu ini tidaklah membutuhkan keahlian khusus dan termasuk mudah untuk dimainkan. Permainan Monopoli sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang, dimulai dari tahun 1904 ketika seorang berkebangsaan Amerika membuat sebuah permainan untuk memperlihatkan dampak yang buruk dari sistem monopoli. Namun baru tahun 1910 permainan monopoli diproduksi secara luas.

Loading...

Ular Tangga
Ini adalah salah permainan satu board game yang makin seru jika dimainkan beramai-ramai karena satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk permainan ini hanya keberuntungan. Dalam sebuah permainan ular tangga, biasanya akan ada 100 kotak-kotak yang harus dilewati oleh setiap pemain. Ular tangga sendiri diciptakan sejak tahun 1870 di India dan awalnya dimainkan oleh para bangsawan.

Scrabble
Scrabble merupakan permainan yang tidak hanya membutuhkan strategi, namun juga dapat melatih otak Anda karena dibutuhkan penguasaan kata yang luas. Kata yang dibentuk dengan biji-biji huruf harus ada dalam kamus. Scrabble sendiri awalnya diciptakan di tahun 1938, namun baru 10 tahun kemudian nama Scrabble dipatenkan.

Othello
Terlihat sederhana karena hanya ada sebuah papan dan biji-biji berwarna hitam dan putih, namun ternyata othello tidak semudah yang Anda bayangkan. Othello sendiri sebenarnya memiliki sejarah yang cukup panjang, diciptakan pertama kali di tahun 1883 dan dikenal dengan nama riversi, namun baru pada tahun 1971 nama othello diperkenalkan di Jepang.

Saat ini board game klasik sendiri memiliki berbagai penyesuaian. Tidak hanya memiliki bentuk dan peraturan baru, board game klasik juga sudah bisa dimainkan dalam bentuk video game yang lebih interaktif. Namun sensasi bermain langsung dengan papan memang tidak bisa tergantikan. (liputan6.com/Desy)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar