oleh

5 Tindakan yang Bisa Dilakukan Agar Foto di Ponsel Tetap Fokus

PortalMadura.Com – Di dunia digital seperti sekarang ini, ketersediaan ponsel dengan dukungan kamera yang semakin mumpuni membuat kegiatan memotret dan mengabadikan momen yang terjadi di kehidupan sehari-hari kerap kali dilakukan oleh pengguna smartphone. Sayangnya, sejumlah pengguna kerap mengeluhkan bahwa hasil foto mereka kurang baik dan terganggu oleh efek blur akibat kamera tidak fokus.

Bahkan, beberapa di antara pengguna ini menyalahkan ketidakmampuan kamera untuk menghasilkan foto terbaik. Faktanya, hasil foto ini juga bisa disebabkan oleh sejumlah tindakan yang tidak disadari telah dilakukan oleh pengguna.

Untuk itu, berikut ini lima tindakan yang dapat dilakukan pengguna untuk memperoleh hasil terbaik saat memotret menggunakan kamera ponsel:

Jaga Stabilitas Perangkat
Untuk mencegah foto terganggu efek blur yang tidak diinginkan, ada baiknya jika Anda menjaga perangkat agar tetap stabil dan tidak bergerak saat memotret. Anda bisa melakukan hal ini dengan memegang ponsel dengan kedua tangan, atau menumpukannya pada meja dan benda stabil lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan alat bantu lainnya seperti tripod atau monopod khusus smartphone untuk menjaga stabilitas perangkat saat memotret. Disarankan juga agar Anda memusatkan konsentrasi saat memotret.

Tekan Shutter Perlahan
Saat menekan tombol shutter, ada baiknya jika Anda tidak menekannya terlalu keras. Sebab, penekanan berlebih memberikan dorongan kepada perangkat sehingga perangkat berpotensi untuk bergerak meski hanya berupa gerakan halus.

Gerakan halus tersebut mungkin tidak terlihat oleh mata manusia, namun akan tampak sebagai efek blur akibat fokus tidak terkunci secara sempurna.

Bersihkan Lensa
Membersihkan lensa kamera sebelum memotret bertujuan untuk mencegah bayangan yang tidak diinginkan, seperti bekas sidik jari mengandung minyak, muncul pada foto. Selain itu, membersihkan kotoran dari lensa bertujuan untuk mencegah sistem fokus di kamera terfokus pada kotoran seperti partikel debu, dan bukan pada objek foto.

Hindari Zoom
Zoom memang menjadi salah satu fungsi yang amat membantu, terutama jika objek terletak cukup jauh dari Anda, dan tidak tersedia ruang untuk lebih mendekatinya. Namun, tidak disarankan untuk sering-sering menggunakannya.

Sebab sadar atau tidak, memanfaatkan fitur ini pada perangkat yang tidak didukung oleh teknologi Image Stabilizer akan mengakibatkan kamera lebih peka terhadap getaran sehingga kamera sulit fokus dan foto menjadi blur.

Perhatikan Pencahayaan
Pencahayaan menjadi salah satu faktor penting yang perlu Anda perhatikan saat memotret, terutama menggunakan kamera smartphone. Sebab, smartphone tanpa dukungan mode manual atau umum disebut sebagai mode Pro, Anda tidak dapat menyesuaikan tingkat kecerahan cahaya agar foto tampil dengan baik.

Pencahayaan redup sering kali menyebabkan kamera tidak dapat terfokus dengan baik, mengakibatkan hasil foto menjadi buram atau blur. (metrotvnews.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE