5 Tips Atasi Sinyal Loyo Saat di Kampung Halaman

Sinyal Lemah
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Suasana lebaran di kampung halaman masih terasa. Suka duka berada di rumah sendiri tentu ada. Salah satu duka yang biasanya sering dikeluhkan oleh para pemudik yaitu sinyal yang lemah atau loyo.

Jika sebelumnya Anda terbiasa dengan sinyal kuat tapi tiba-tiba di kampung halaman menjadi tidak mendukung, pasti akan sangat menyebalkan lantaran sulit bermedia sosial. Kondisi ini karena sebagian wilayah di Indonesia masih banyak yang tidak mendapat sebaran sinyal yang mumpuni dari beberapa provider.

Nah, jika Anda salah satu orang yang mengalaminya, berikut tips yang bisa dilakukan agar tetap leluasa menggunakan media sosial di kampung:

Ganti Jaringan Provider
Jaringan penyedia koneksi ponsel kerap terbatas karena lokasi. Beberapa provider menawarkan jangkauan yang lebih baik ketimbang yang lain.

Sebaran koneksi di area perkotaan tentu saja berbeda dengan di pedesaan. Untuk mengecek kondisi tersebut, para pemudik dapat terlebih dahulu mengecek sebaran sinyal yang tersedia melalui aplikasi Open Signal.

Bawa Ponsel ke Ruang Terbuka dan Lokasi yang Tinggi
Rintangan bangunan atau kondisi geografis juga dapat mengganggu kondisi sinyal. Jika lokasi rumah Anda berada di bawah bukit, Anda dapat pergi ke lokasi terbuka di atas bukit atau naik ke atap rumah. Bahan-bahan semisal beton dan baja, serta dinding dapat mengganggu sinyal ponsel.

Baterai Ponsel Tetap Terisi
Ponsel akan menggunakan banyak daya ketika kehilangan sinyal. Untuk itu Anda perlu memastikan ponsel tetap terisi aliran listrik atau ter-charge. Berkurangnya isi baterai akan menurunkan kemampuan sinyal dan panggilan.

Hindari Perangkat Elektronik
Perangkat elektronik semisal laptop, televisi, dan alat-alat yang menggunakan gelombang mikro dapat mengganggu sinyal ponsel. Hindari alat-alat semacam ini ketika menggunakan panggilan.

Selain itu, matikan pula konektivitas Bluetooth dan WiFi. Hindari penggunaan handset untuk melakukan panggilan.

Gunakan WiFi Publik
Jika jaringan WiFi publik tersedia di wilayah Anda, tidak ada salahnya digunakan. Beberapa provider menyediakan jaringan WiFi publik dengan harga yang terjangkau. (liputan6.com/Putri)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.