5 Tips Hemat Baterai Saat Main “Pokemon Go”

Avatar of PortalMadura.Com
5 Tips Hemat Baterai Saat Main "Pokemon Go"
ilustrasi (sotazone.com)

PortalMadura.com sangat rakus daya beterai smartphone Anda, hal ini karena koneksi internet cepat yang konstan, GPS, teknologi AR (augmented reality). Padahal berburu Pokemon sering memakan waktu berjam-jam. Tentu Anda tidak mau baterai cepat habis saat menemukan Snorlax atau Scytther, bukan?.

Namun Anda tidak perlu kuatir, sebab ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar baterai smartphone tidak gampang habis saat bermain Pokemon Go.

Hebatnya lagi, tips-tips berikut ini bisa dilakukan supaya Anda tidak melulu bawa powerbank saat berburu Pokemon Go:

Turunkan Kecerahan Layar
Ini merupakan cara paling simpel agar baterai smartphone Anda awet dalam waktu lama. Memang, memainkan Pokemon Go di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung cukup sulit tanpa layar yang cerah.

Oleh karena itu, Anda bisa membuat tingkat kecerahan layar berubah secara otomatis. Setelah itu, Anda sebaiknya mengubah tingkat kecerahan layar ke paling rendah saat baterai mulai mencapai 30 persen. Tips ini bisa meningkatkan masa bermain Pokemon Go hingga hitungan menit sampai jam.

Aktifkan Mode
Mungkin tidak banyak pemain Pokemon Go yang tahu bila ada fitur penghemat baterai atau ‘Battery Saver' di dalam aplikasi tersebut. Aktivasi fitur Battery Saver diklaim banyak pihak mampu menghemat baterai hingga 40 persen.

Sayangnya, Battery Saver ditengarai rajin menonaktifkan fitur GPS di Pokemon Go. Sebagai kompensasi, aplikasi Pokemon Go mendapatkan data lokasi via koneksi internet.

Tentu hal ini bisa mengurangi kesempurnaan bermain Pokemon Go, bahkan membuat aksi berburu Pokemon GO sedikit bertambah sulit. Namun, ketimbang baterai cepat habis, tentu saja tidak ada ruginya mencoba tips hemat baterai di Pokemon Go ini.

Matikan Aplikasi Lain
Smartphone Anda memiliki RAM 3-6GB?. Pastinya sangat menggoda untuk menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu. Selain Pokemon Go, Anda bisa memainkan Spotify agar tidak bosan berjalan ke sana kemari mencari Pokemon Go.

Akan tetapi, langkah itu bisa membuat baterai smartphone Anda cepat habis. Jika Anda benar-benar serius jadi Trainer Pokemon Go, sebaiknya tutup semua aplikasi yang ada dan fokus di game tersebut.

Idealnya, agar smartphone mampu memainkan Pokemon Go dalam waktu lama, hanya ada GPS dan si game Pokemon Go saja yang aktif. Mau lebih ekstrem?. Anda bisa matikan notifikasi sosial media, seperti BBM atau WhatsApp.

Hindari Berburu Pokemon di dalam Ruangan
Tidak perlu kuatir sengatan sinar matahari, tentu berkah tersendiri saat Anda berburu di dalam ruangan. Sayangnya, ini adalah kabar buruk bagi Anda yang sedang menghemat baterai saat bermain Pokemon Go.

Alasannya sederhana, GPS bekerja dengan lebih baik saat di luar ruangan, bukannya di dalam ruangan atau kawasan penuh dengan gedung-gedung bertingkat. Selain bekerja dengan lebih baik, bermain Pokemon Go di ruang terbuka membuat konsumsi baterai GPS lebih efisien.

Selain itu, GPS yang bolak-balik mati saat memainkan Pokemon Go di dalam ruangan juga berkontribusi terhadap kerakusan konsumsi baterai.

Pakai Sepeda!
Lebih cepat Anda menangkap pokemon, tentu makin banyak sisa daya baterai yang bisa dipakai untuk berburu lebih lama. Oleh karena itu, cara berburu pokemon terbaik sekaligus paling hemat baterai adalah dengan menggunakan sepeda.

Bahkan, Anda juga bisa mengeksplorasi banyak tempat dengan lebih seksama dengan sepeda. Cara ini juga bisa membuat Anda lebih sehat lagi.

Menariknya, ada manfaat lain dari berburu menggunakan sepeda, yakni menetaskan telur. Ya, mengendarai sepeda sampai saat ini dianggap sebagai cara tercepat menetaskan telur. Selain tidak cepat capek, kecepatan yang diperbolehkan untuk menetaskan telur haruslah di bawah 20 kilometer per jam. Jadi, menetaskan telur pakai sepeda motor atau mobil susah untuk dilakukan. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.