5 Trik Cerdas Gunakan Google Lens untuk Berbagai Keperluan

Avatar of PortalMadura.com
5 Trik Cerdas Gunakan Google Lens untuk Berbagai Keperluan
ilustrasi (juggly.cn)

PortalMadura.Com – Di antara beberapa fitur yang sudah dirilis, sudah tahukah Anda dengan ?. Walaupun sudah diumumkan untuk seluruh perangkat Android, masih banyak orang yang belum tahu tentang fungsi dari fitur ini.

Padahal, kehadiran Google Lens bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Misalnya, menerjemahkan kalimat atau mengetahui sebuah benda.

Nah, mau tahu cara pakai dan fungsi dari Google Lens?. Yuk baca uraian berikut ini:

Mencari Tahu Merek Sebuah Barang
Sebagai permulaan, Google Lens di banyak perangkat Android tertanam di aplikasi Google Photos. Karena itu, Anda baru dapat mengaksesnya dengan membuka aplikasi. Anda dapat menggunakannya dengan mengambil gambar baru atau gambar yang sudah tersimpan di galeri. Selanjutnya, Anda tinggal membuka aplikasi Google Photos dan memilih ikon Google Lens untuk mengaktifkannya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan fitur ini adalah mengetahui merek atau nama sebuah barang. Cara menggunakanya pun mudah, Anda cukup mengambil gambar barang yang ingin diketahui. Lalu, buka di aplikasi Google Photos dan pilih Google Lens. Nantinya, Google Lens akan menampilkan hasil pencarian dari pembacaan benda itu dan menampilkan hasil pencarian langsung di layar smartphone.

Mencari Produk yang Mirip
Selain mengidentifikasi sebuah objek, Google Lens juga dapat mencari barang lain yang memiliki kemiripan. Hal ini dapat membantu Anda menemukan alternatif dari sebuah barang. Sebagai contoh, ketika Anda menjalankan Google Lens di gambar yang memiliki kutipan tertentu, aplikasi ini nantinya dapat memberikan hasil pencarian produk lain yang memiliki kutipan serupa.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengambil foto produk di sebuah toko. Setelah itu, dibantu dengan Google Lens, Anda dapat mengetahui toko lain yang juga menawarkan produk serupa, termasuk informasi harga.

Mengetahui Objek Tak Dikenal
Fungsi lain yang sangat membantu dari Google Lens adalah mengetahui sebuah objek yang asing. Kemampuan ini dapat membantu Anda saat tengah melancong ke tempat yang belum pernah didatangi dan ingin mengetahui nama dari objek di sekitar.

Anda cukup mengambil gambar dari bangunan atau landmark dari sebuah wilayah, termasuk jika ada tanaman yang ingin diketahui. Setelah itu, Google Lens akan menampilkan hasil pencarian tersebut. Selain mengidentifikasi sebuah objek, Google Lens juga dapat mencari barang lain yang memiliki kemiripan. Hal ini dapat membantu Anda menemukan alternatif dari sebuah barang.

Sebagai contoh, ketika Anda menjalankan Google Lens di gambar yang memiliki kutipan tertentu, aplikasi ini nantinya dapat memberikan hasil pencarian produk lain yang memiliki kutipan serupa. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengambil foto produk di sebuah toko. Setelah itu, dibantu dengan Google Lens, Anda dapat mengetahui toko lain yang juga menawarkan produk serupa, termasuk informasi harga.

Mengambil Foto Informasi dari Sebuah Dokumen
Fitur lain yang tidak kalah keren dari Google Lens adalah kemampuan mengenali teks. Anda dapat mengambil gambar dari dokumen apapun, dan aplikasi ini akan mengenali teks di dalamnya. Setelah itu, aplikasi akan mengubahnya menjadi teks yang dapat dipindahkan. Anda dapat menyalinnya ke aplikasi pencatat, berbaginya ke teman, atau mengirimkannya melalui aplikasi chatting dan email.

Menyalin Informasi Langsung dari Kartu Nama
Kemampuan mengenali teks di Google Lens juga dapat dimanfaatkan untuk menyalin informasi yang ada di kartu nama. Anda tinggal mengambil gambar dari kartu nama yang ingin diambil informasinya.

Setelah itu, informasi tersebut dapat langsung disalin untuk disimpan dalam kontak. Tidak hanya itu, Google Lens juga dapat memberikan hasil pencarian berupa gambar atau petunjuk melalui Google Maps dari alamat yang ditampilkan. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.