6 Barang yang Berbahaya Bagi Kesehatan Anda Jika Dipinjamkan pada Orang Lain

Avatar of PortalMadura.com
6 Barang yang Berbahaya Bagi Kesehatan Anda Jika Dipinjamkan pada Orang Lain
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada beberapa barang di rumah yang biasa digunakan bersama dengan keluarga yang lain. Bahkan barang itu bisa dibawa kemana-mana. Sehingga, bisa digunakan oleh orang lain dengan cara dipinjam.

Meskipun barang itu bisa dengan mudah Anda pinjamkan kepada orang lain, Namun Anda harus tahu bahwa ternyata ada beberapa barang yang tidak boleh digunakan bersama-sama, bahkan dengan keluarga. Karena itu menyangkut kesehatan Anda sendiri. Lantas barang apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Penjepit atau Gunting Kuku
Anda tidak bisa melihatnya tetapi ada sejumlah besar bakteri, virus, dan mikroorganisme jamur pada jari dan kuku manusia. Karena itu, gunting kuku biasa bisa menjadi vektor infeksi.

Dengan demikian, penggunaan gunting kuku orang lain meningkatkan risiko penyakit jamur dan HPV (human papillomavirus).

Lip Balm
Nah buat para wanita yang sering menggunakan kosmetik satu ini perlu diperhatikan nih. Di bawah permukaan bibir, ada pembuluh darah juga. Mereka siap untuk membawa semua yang Anda masukkan ke bagian wajah ke dalam aliran darah, bahkan mikroba.

Virus herpes dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain ketika berbagi lipbalm atau lipstik, bahkan jika pembawa tidak memiliki gejala penyakit yang terlihat.

Baca Juga: Warga Tionghoa Pamekasan Berharap Keberkahan di Tahun Babi

Earphone atau Headset
Ternyata earphone orang lain dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri di telinga. Risiko meningkat jika Anda menggunakannya saat beraktivitas yang menguras banyak tenaga, seperti olahraga. Panas dan kelembaban bisa menambah risikonya.

Selain itu, jika Anda berbagi headphone, bersiaplah untuk bakteri seperti streptococcus dan staphylococcus untuk masuk ke telinga dan menyebabkan infeksi, bisul, dan pustula. Jika Anda masih ingin berbagi aksesoris ini dengan seseorang atau meminjamnya, bersihkan headphone dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol.

Deodoran
Deodoran roll on dapat membawa infeksi serius, terutama jika bakteri mengalami luka kecil setelah bercukur. Deodoran yang wangi hanya menutupi bau dan tidak mencegah penggandaan bakteri.

Karena itu, selalu pilih deodoran dengan bahan antibakteri dan jangan membaginya, bahkan dengan keluarga Anda.

Handuk
Handuk merupakan tempat berkembang biak bagi kuman, terutama ketika itu tergantung di kamar mandi dengan kelembaban tinggi. Jika handuk Anda mulai berbau apek, itu berarti ada perkembangan jamur dan bakteri.

Handuk semacam itu dapat menginfeksi pemiliknya dengan infeksi jamur dan bakteri yang menyebabkan ruam, jerawat, dan konjungtivitis. Untuk menghilangkan bahaya ini, seringlah mencuci handuk setelah 4-5 kali penggunaan dan selalu biarkan benar-benar kering.

Kuas Makeup
Anda sering meminjamkan kuas? atau meminjam kuas makeup kepada teman. Hindari berbagi produk rias yang bersentuhan dengan cairan tubuh seperti air mata, mukosa hidung, air liur, darah, atau jerawat nanah.

Ini berarti bahwa lebih baik untuk tidak berbagi eyeliner, eyeshadow, maskara, concealer, makeup base, lipstik, dan pemerah pipi. Juga, jangan beri siapa pun kuas makeup Anda dan jangan pernah menggunakan sampler di toko kosmetik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.