oleh

6 Cara agar Sukses dan Lolos Tes Wawancara Kerja

PortalMadura.Com – Saat yang mendebarkan ketika Anda baru pertama kali melamar kerja. Seringkali Anda khawatir apakah kualifikasi kita sesuai atau tidak. Kemudian muncul pertanyaan kira-kira apa saja yang akan ditanyakan pada saat interview.

Pastinya semua pelamar kerja berharap dapat lolos sesi interview dengan mudah. Beberapa tahapan saat proses melamar pekerjaan pada perusahaan mulai dari seleksi berkas, tes tulis, tes wawancara, hingga pengumuman. Tak jarang dari mereka hanya berakhir di meja inteview.

Salah satu proses dari rekruitmen karyawan baru adalah tes wawancara. Selain itu, tes wawancara menjadi momok tersendiri bagi sejumlah pelamar. Tes wawancara tidak hanya sebatas menjawab pertanyaan dari HRD saja. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan, pengetahuan tentang perusahaan, serta melihat karakter Anda.

Meskipun telah menjawab dengan baik dan berpenampilan menarik, belum tentu Anda lolos. Seperti dilansir PortalMadura.Com dikutip dari fimela.com, berikut ini ada beberapa cara agar Anda lolos tes wawancara kerja. Yuks, simak dibawah ini.

Menjaga Kesopanan
Ketika melakukan wawancara kerja ada baiknya untuk menjaga kesopanan, bukan cuma berpenampilan menarik. Ketika berhadapan dengan HRD, hendaknya berikan salam, menjabat tangannya, dan duduklah setelah dipersilakan. Bersikap ramah juga perlu, namun jangan terlalu berlebihan.

Pastikan Mengetahui Posisi yang Dilamar
Sebelum melakukan interview pastikan Anda mengetahui posisi yang telah dilamar dan mencari tahu tentang perusahaan tersebut. Hal semacam ini akan sering ditanyakan oleh HRD untuk melihat sejauh mana kemampuanmu mengerti tentang perusahaan tersebut dan posisi yang telah dilamar.

Komunikatif
Ketika menjawab pertanyaan dari HRD sebaiknya hindari kalimat singkat. HRD berharap Anda juga dapat menjelaskan beberapa keterangan yang mungkin tidak ada pada CV. Namun jangan terlalu panjang, yang memungkinkan HRD menjadi bosan.

Antusias Menanyakan Seputar Lowongan
Ketika HRD memberikan waktu untuk bertanya, maka bertanyalah sewajarnya. HDR dapat melihat kesungguhanmu untuk bergabung di perusahaan melalui pertanyaan yang mungkin membuat penasaran dengan posisi yang telah dilamar. Anda dapat menanyakan tugas yang dikerjaan dari posisi yang dilamar dan budaya kerja di perusahaan tersebut seperti apa.

Tuliskan Skill Sesuai Kemampuan
Usahan untuk membuat CV yang sesaui dengan dirimu. Hindari membuat CV yang dibuat-buat. Hal ini akan menyulitkan Anda saat wawancara kerja, terlebih jika HRD meminta dirimu melakukan tes secara langsung. Buat rangkuman tentang dirimu, sesingkat mungkin yang nantinya dapat dijelaskan ketika melakukan wawancara.

Cantumkan Portofolio
Portofolio akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan, jika memang Anda bekerja dibidang kreatif. Buat portofolio sesuai dengan kamampuanmu. Misalnya jika Anda melamar pada bagian desain grafis, mungkin dpat mencantumkan hasil desain yang pernah dibuat. Jika memang seorang penulis dapat juga mencantumkan alamat blog atau karya tulis yang lainnya.

Memang menegangkan saat menghadapi tes wawancara. Persiapkan diri Anda dengan baik ketika hendak melakukan wawancara kerja. Yang utama tetap berdoa dan memintalah restu orang tua, agar semua berjalan dengan lancar.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar