6 Cara Bersihkan Mobil Kesayangan di Rumah

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Bersihkan Mobil Kesayangan di Rumah
Ilustrasi (cleanipedia.com)

PortalMadura.Com – Kendaraan bermotor harus dirawat secara rutin agar performanya tetap maksimal. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan yaitu membersihkan bodi secara keseluruhan. Apalagi setelah melakukan perjalanan jauh.

Membersihkan seluruh bodi harus dilakukan secara teliti dan maksimal. Agar tampilannya bersih untuk dipakai kembali beraktivitas. Membersihkan mobil tidak selalu di salon mobil. Hal ini ternyata juga bisa dilakukan di rumah. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Auto2000. Berikut ini beberapa cara mudah .

Cuci Bagian Luar Mobil Hingga Bersih

Pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil, termasuk kolong mobil. Setelah dicuci dengan sampo mobil, bilas lalu keringkan dengan lap mikrofiber bagian bodinya hingga benar-benar kering.

Saat ini, mulai masuk musim hujan dan kotoran menempel di kolong mobil untuk menghindari timbulnya karat. Periksalah bagian yang bisa menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki hingga pertemuan pintu dan rangka mobil.

Hilangkan Noda yang Membandel

Periksa mobil dari risiko terkena noda atau jelaga akibat polusi udara, aspal, dan serangga. Gunakan cairan khusus pembersih serangga dan noda, jangan dicungkil karena bisa membuat bodi mobil baret. Untuk kaca, bisa memanfaatkan glass cleaner agar tidak menyebabkan kabut. Cairan ini juga melapisi kaca sehingga air hujan bisa langsung turun seperti air di daun talas.

Membersihkan Kabin Mobil, Bagasi, dan Ruang Mesin

Keluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih dan sabun pembersih. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan kotoran di dalam kabin seperti kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan, termasuk area bagasi.

Hindari Menyemprot Komponen Penting

Jangan menyemprot ruang mesin dengan air bertekanan, terutama bagian yang terkait dengan kelistrikan dan cukup gunakan lap basah untuk mengangkat kotoran.

Poles Bodi Mobil

Poles bodi mobil dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya resik dan berkilau kembali.

Selain itu, di tahap akhir pemolesan biasanya dilakukan waxing guna memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung untuk menahan paparan sinar matahari.

Periksa Bodi Mobil

Kondisi bodi mobil yang bersih dan tanpa noda akan membuat Anda bisa memeriksa kondisi kendaraan dengan nyaman. Tandai kalau ada panel bodi yang baret atau penyok. Segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.