oleh

6 Cara Cerdas Gunakan Sepatu yang Nyaman Saat Liburan

PortalMadura.Com – Momen pergantian tahun hampir tiba, biasanya di waktu itu banyak orang merencanakan untuk travelling ke berbagai tempat. Seperti, ke pantai, ke mall, ke gunung atau bahkan ke luar negeri. Kemanapun seseorang kan berlibur, tentunya harus mempersiapkan apa saja yang akan dibawa.

Salah satu barang yang penting untuk dibawa yaitu sepatu. Apalagi akan banyak aktivitas berjalan kaki di liburan Anda kali ini. Pilih sepatu yang tepat, agar kaki Anda tidak lecet, terluka atau bahkan cidera kaki. Sehingga liburan Anda akan sangat tidak menyenangkan.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar sepatu Anda nyaman digunakan saat travelling:

Luweskan Dulu Sepatu Baru Anda
Ternyata tidak baik memakai sepatu baru untuk pertama kalinya saat liburan karena dapat menyebabkan kaki Anda sakit, lecet, dan kapalan.

Jadi, cara terbaik untuk meluweskan sepatu baru Anda yaitu dengan memakai sepatu di dalam ruangan selama satu jam. Kalau Anda merasa ada beberapa bagian yang masih kaku, Anda bisa menggunakan alat peregang sepatu atau pasang alas di sepatu Anda seperti kaos kaki yang digulung. Dengan cara itu, Anda akan merasa luwes saat mengenakan sepatu untuk liburan.

Persiapkan Barang-barang dengan Cermat
Anda pasti tidak akan bawa jaket tebal saat liburan ke tempat yang panas, kan? Nah, Anda juga harus berpikir sama untuk alas kaki Anda, sesuaikan dengan lokasi dan aktivitas yang ingin Anda lakukan.

Kalau Anda akan melakukan banyak aktivitas berjalan atau bahkan hiking, maka alas kaki yang Anda butuhkan yaitu sepatu yang nyaman, protektif, dan mendukung aktivitas Anda.

Pilih Sepatu Bertali
Alas kaki jenis slip-on mungkin lebih mudah untuk dilepas dan dipakai, tapi kalau soal kenyamanan dan pencegahan cedera, slip-on bukanlah ide yang bagus. Pastikan alas kaki Anda membalut kaki dengan benar, sandal gunung atau sepatu bertali menjadi pilihan terbaik.

Gunakan Kaos Kaki yang Bisa Menjaga Kelembapan Kaki
Kalau Anda akan pergi ke tempat yang panas dan berencana akan melakukan hiking, hindari menggunakan kaos kaki bahan katun atau wol yang menyerap keringat. Jangan juga memakai kaos kaki yang terlalu tipis karena akan membuat kaki Anda terkena gesekan.

Kaki And cenderung jadi bengkak di cuaca panas sehingga bisa membuat kaki lecet. Untuk mengatasi ini, Anda bisa membawa bedak khusus kaki untuk mengurangi keringat atau memakai kaos kaki anti bakteri.

Jangan Memakai Sepatu yang Sama Tiap Hari
Mungkin membawa lebih dari satu sepatu bisa membuat koper Anda penuh, tapi ini bisa membuat perubahan besar saat Anda liburan karena kaki Anda bisa terkena rasa sakit bila tidak mengganti sepatu.

Sepatu untuk jalan-jalan di pagi hari berbeda dengan sepatu untuk bersantai di sore hari. Beda aktivitas beda sepatunya juga.

Untuk jalan-jalan, Anda bisa memakai sepatu semacam sneaker. Kalau Anda ke pantai, pakailah sepatu flip-flops dengan sol empuk. Kalau Anda ingin memakai heels, tambahkan silicone empuk di dalam sol.

Modifikasi Sepatu Anda
Anda bisa membeli pads, bantalan, dan insoles yang empuk untuk sepatu Anda. Ada pula gel pads yang tidak akan menyerap bau seperti pads dari kain. Gel pads juga lebih tahan lama dan bisa dipakai berulang kali. (okezone.com/Desy)