6 Cara Cerdas Pilih Asuransi Kendaraan

  • Bagikan
6 Cara Cerdas Pilih Asuransi Kendaraan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak pemilik mobil yang memilih mengasuransikan mobilnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kemungkinan kecelakaan, pencurian mobil dan lain sebagainya.

Apalagi bagi mobil yang sering disewakan. Karena kemungkinan kecelakaan atau pencurian lebih tinggi dibandingkan dengan mobil yang dipake pribadi. Namun, banyaknya pilihan asuransiakan membuat Anda bingung harus lebih cerdas dalam memilih.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (11/11/2019) dari laman liputan6.com yang mengutip dari Garda Oto. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih asuransi:

Pilih Jenis Asuransi Sesuai Kebutuhan

Penting untuk mempertimbangkan terlebih dahulu jenis asuransiyang sesuai dengan kebutuhan, seperti all risk atau asuransitotal loss only (TLO)

Asuransi all risk akan menjamin segala kerusakan yang terjadi pada mobil. Bahkan, pemilik bisa melakukan klaim meski mobil hanya mengalami goresan.

Sedangkan, asuransiTLO hanya memberikan proteksi saat mobil mengalami kerusakan berat atau hilang dicuri.

Perhitungan Manfaat yang Didapatkan

Bandingkan terlebih dahulu besaran premi dan manfaat yang akan diperoleh. Jangan sampai pemilik salah melakukan perhitungan.

Perhatikan Biaya yang Tidak Ditanggung

Sebelum memilih asuransi, pemilik kendaraan harus benar-benar teliti serta memahami syarat dan ketentuan dari pihak perusahaan asuransi.

Salah satunya, menanggung kerusakan mobil. Pahami apa saja biaya yang tidak dilindungi oleh pihak asuransi, sehingga tidak mengalami kerugian.

Baca Juga: 310 Formasi CPNS 2019 Sumenep Dibuka, Cek Persyaratan dan Caranya di Sini

Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Saat ini, terdapat banyak perusahaan yang sudah menjual asuransimobil. Oleh sebab itu, pemilik mobil perlu selektif dalam memilih perusahaan asuransiseperti pilihlah perusahaan yang telah diakui oleh OJK.

Perhatikan Kondisi Mobil Sebelum Mendaftar

Sebelum mendaftar asuransiperhatikan terlebih dahulu kondisi mobil, apakah ada kerusakan atau tidak. Perusahaan asuransiberhak menolak kerusakan yang terjadi apabila di luar perjanjian polis asuransi.

Pilih Mobil yang Tidak Melebihi Budget

Besaran premi yang dibayarkan dipengaruhi oleh harga mobil di pasaran. Setiap mobil memiliki rate asuransiyang berbeda berdasarkan jenis mobil, tahun keluaran dan pelat mobil.

Dengan memilih mobil yang memiliki harga tidak terlalu tinggi, maka premi yang dibayarkan pun tidak terlalu besar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.