6 Cara Hemat Belanja Ketika di Luar Negeri, Catat!

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Hemat Belanja Ketika di Luar Negeri, Catat!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa coba yang tidak suka jika berbelanja di luar negeri?. Apalagi berbagai barang atau produk itu tidak dijual di dalam negeri, pasti menjadi hal menarik untuk dibeli. Karena, bepergian di luar negeri rasanya tidak sah jika tidak membeli barang di daerah itu.

Selain itu, membeli berbagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman tentu menjadi hal yang tidak bisa dilupakan. Tapi ada hal yang juga perlu Anda perhatikan, sama halnya dengan berbelanja di dalam negeri, Anda perlu waspada saat membeli produk luar negeri.

Jangan sampai setelah pulang ke Tanah Air, Anda justru mengalami masalah keuangan hanya karena tidak bisa mengontrol uang belanja selama berada di luar negeri. Pastikan Anda selalu merencanakan anggaran perjalanan dengan tepat, termasuk membuat budget (anggaran) belanja yang sesuai dengan kondisi keuangan.

Hal ini penting untuk diperhatikan, guna menghindari pembengkakan biaya belanja Anda selama di luar negeri. Selain itu, terapkan juga cara belanja yang tepat selama berada di luar negeri.

Seperti apa caranya?. Seperti dilansir Suara.com, yang dikutip dari Cermati.com, berikut tips belanja hemat saat berada di luar negeri:

Jangan Gunakan Kartu Debit untuk Belanja

Bagi sebagian orang yang suka berbelanja, transaksi pembayaran umumnya dilakukan dengan menggunakan kartu debit. Karena, dengan menggunakannya akan membuat transaksi belanja Anda menjadi mudah dan praktis. Namun hal ini tidak disarankan untuk Anda lakukan ketika berbelanja di luar negeri.

Pasalnya, transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu debit sangat berisiko bagi keamanan rekening bank Anda. Bahkan, berbagai tindak kejahatan sangat mungkin terjadi, termasuk skimming yang menjadi salah satu ancaman terbesar dalam transaksi keuangan secara elektronik.

Selain itu, nilai konversi mata uang dari rupiah ke mata uang lokal, juga sangat mungkin merugikan Anda. Ya, sebab Anda melakukan transaksi tersebut di luar negeri.

Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Tidak bisa dipungkiri, menggunakan kartu kredit saat transaksi memang lebih menguntungkan. Karena, Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas promo dan rewards yang ditawarkan. Sehingga barang-barang yang Anda beli menggunakan kartu kredit itu pun bisa lebih murah harganya.

Selain itu, transaksi menggunakan kartu kredit akan jauh lebih mudah dan praktis. Namun, pastikan Anda tidak asal gesek saja kartu kredit saat berbelanja di luar negeri. Anda tetap harus membuat daftar barang apa saja yang akan dibeli, sehingga tahu batasannya.

Cari Tahu Harga Normal Barang yang Akan Dibeli Terlebih Dahulu

Membelanjakan produk-produk yang bagus di luar negeri memang sangat menarik. Tapi harap diingat, jangan belanja dengan kalap saat berada di luar negeri. Cara mensiasatinya adalah penting selalu mencari tahu harga normal berbagai barang yang Anda ingin dibeli terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu di mana pasar/kawasan yang menjual barang-barang dengan harga terbaik sesuai dengan budget. Dengan mengetahui daftar tempat itu, maka Anda bisa menghemat lebih banyak uang selama berbelanja.

Jika barang tersebut bisa ditawar, dengan mengetahui harga pasarannya berapa, maka Anda bisa menawar dengan harga yang sesuai. Anda pun tidak akan merasa tertipu karena bisa saja penjual menawarkan harga yang tinggi.

Simpan dan Bawa Pulang Struk Belanjaan

Biasanya, banyak orang yang membuang bon dari belanjaan yang dibeli. Mereka menganggap bahwa bon tersebut hanya akan membuat sesak isi dompet, jadi dibuang saja layaknya sampah. Padahal, bon tersebut sangatlah penting untuk Anda simpan selama berada di luar negeri.

Kenapa perlu disimpan?. Hal ini akan Anda butuhkan untuk proses pengembalian pajak ketika Anda berada di bandara nanti, atau bahkan saat Anda membutuhkan proses penukaran barang yang Anda beli.

Oleh karena itu, kumpulkan dan selalu simpan setiap bon belanja Anda dengan baik di tempat yang sama, sehingga Anda tidak kesulitan untuk mencarinya kembali. Struk belanjaan tersebut juga bisa menjadi bukti apabila ternyata tidak sesuai dengan tagihan yang ada di kartu kredit.

Tukarkan dan Bawa Uang Tunai

Sebelum bepergian ke luar negeri, penting bagi Anda untuk menukarkan uang rupiah Anda ke mata uang negara yang akan dikunjungi. Bukan di luar negeri, hal ini sebaiknya Anda lakukan di dalam negeri, setidaknya sepekan sebelum keberangkatan Anda.

Agar keuangan Anda aman selama perjalanan, lakukan perincian berbagai kebutuhan Anda selama di sana. Sehingga Anda bisa membawa uang tunai dalam jumlah yang tepat.

Baca Juga : 8 Cara Hemat Biaya Liburan ke Luar Negeri

Membawa uang tunai seperti ini akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman, sebab Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan urusan menukar uang atau bahkan mencari money changer di negeri tujuan nanti.

Uang tunai juga akan sangat dibutuhkan ketika Anda membeli barang yang memang dijual di toko-toko kecil atau pedagang kaki lima. Uang tunai pun perlu untuk membeli makanan yang tidak memungkinkan dibayar menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Siapkan Juga Tas Ekstra untuk Membawa Barang Belanjaan

Jika Anda termasuk orang yang hobi belanja atau bahkan berencana untuk membeli berbagai barang selama berada di luar negeri, maka pastikan telah mempersiapkan tas ekstra sejak awal. Bawa kantong atau tas jinjing tambahan untuk barang-barang belanjaan, sebab sebagian besar toko tidak menyediakan kantong, dan kalaupun ada itu tidak gratis.

Anda bisa saja memilih satu koper berukuran sedang, atau bahkan yang berukuran besar sekaligus, agar bisa menampung semua barang dan belanjaan Anda selama bepergian ke luar negeri. Dengan begitu, Anda tidak perlu kebingungan atau bahkan kerepotan mencari koper tambahan untuk dibawa pulang. Daripada mengeluarkan uang tambahan untuk membeli koper baru, kan lebih baik uangnya disimpan untuk kebutuhan lain.

Belanjalah Barang yang Diinginkan dengan Cerdas dan Terencana

Berbelanja ketika sedang bepergian ke luar negeri tentu menjadi hal yang menyenangkan. Namun, hal ini perlu Anda rencanakan dengan baik, agar keuangan tidak terganggu akibat aktivitas yang satu ini. Pastikan Anda merencanakan perjalanan dan juga aktivitas belanja dengan cerdas sejak awal, sehingga berbagai transaksi belanja Anda memberikan manfaat maksimal.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.