6 Cara Jitu Rawat Powerbank Supaya Tahan Lama, Apa Saja?

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Jitu Rawat Powerbank Supaya Tahan Lama, Apa Saja?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu alat elektronik yang seringkali dibawa kemana-mana terutama bagi pemilik smartphone, yaitu . Keberadaan powerbank memang sangat penting, terutama bagi mereka seorang mobile.

Apalagi, penggunaan powerbank terkadang dapat membantu Anda untuk menambah daya smartphone dengan mudah. Namun bagaimana jika powerbank Anda rusak?. Terlebih lagi, usia powerbank Anda masih seumur jagung. Lantas, bagaimanakah cara merawat powerbank yang baik agar dapat tahan lama?.

Berikut enam cara merawat powerbank agar tahan lama:

Perhatikan Kapasitas
Kapasitas powerbank haruslah lebih besar minimal 2 kali lipat dari kapasitas baterai. Misalnya, baterai Anda 1200mAh, Anda harus membeli powerbank minimal dua kali lipat dari kapasitas tersebut. Sebab, pengisian pada powerbank apabila terlalu sering juga dapat menurunkan kinerja. Alangkah baiknya, jika membeli yang berkapasitas tinggi sehingga dalam satu kali pengisian minimal bisa dua kali pakai.

Pengisian Powerbank
Pengisian powerbank haruslah penuh sebelum digunakan. Mengapa?. Agar dalam mentransfer energi ke smartphone Anda bisa dengan optimal. Apabila tidak penuh, maka pengisian tidak akan optimal.

Hindari Senter
Biasanya, ada beberapa powerbank yang dilengkapi dengan sistem penerang atau senter. alangkah baiknya, hal ini ditinggalkan karena dapat mengurangi banyak daya pada powerbank.

Jangan Sampai Jatuh
Powerbank didesain sebagai perangkat yang tidak tahan pada bantingan. Sehingga apabila powerbank jatuh, biasanya akan secara langsung rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Gunakan Powerbank Seperlunya Saja
Apabila Anda masih dapat terhubung dengan listrik, maka gunakanlah charger smartphone Anda untuk pengisian baterai. Jangan terlalu sering menggunakan powerbank apabila tidak dalam keadaan darurat. Sebab, tingginya intensitas penggunaan powerbank juga dapat memengaruhi kinerja powerbank itu sendiri.

Hindari Suhu Ekstrim
Penyimpanan powerbank juga harus diperhatikan. Tidak boleh diletakkan pada tempat yang terlalu panas, juga terlalu dingin. Hal ini tentu saja dapat merusak komponen baterai. Apabila darurat, maka Anda harus menyiapkan tempat khusus agar suhu pada powerbank tetap normal. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.