6 Cara Mudah Ajarkan Batita untuk Bisa Rapi

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Mudah Ajarkan Batita untuk Bisa Rapi
Ilustrasi (Orami)

PortalMadura.Com – Mengajarkan anak agar memiliki sikap baik, pintar dan cerdas memang perlu dilakukan sejak dini. Namun, tidak melulu soal itu, anak khususnya yang masih terbilang (anak berusia di bawah tiga tahun) juga perlu diajarkan untuk rapi.

Mungkin Anda berpikir di usianya itu ia akan sulit diajarinya. Tapi siapa bilang batita tidak bisa diajarkan untuk rapi?. Ternyata bisa, asal butuh kesabaran ekstra dari yang mengajarinya. Mau tahu bagaimana caranya?.

Yuk terapkan cara-cara berikut ini:

Bersikap Sabar
Kemampuan si batita masih terbatas sehingga orang tua harus berulang kali memberikan contoh dan banyak membantu. Terlebih lagi di masa ini anak sulit “diatur”, mau melakukan sesuatu sekehendak hatinya alias egosentris, dan sebagainya. Jadi, bersabarlah saat mengenalkan “kerapian” kepada si batita.

Berikan Contoh
Jadilah teladan dalam menjaga dan merawat benda sehari-hari, dengan menyimpan mainan dalam boksnya, menyimpan buku di rak buku, sepatu, pakaian dan sebagainya pada tempat semestinya. Ingat, si kecil belajar dengan meniru orang-orang terdekat di sekitarnya.

Katakan yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan
Anak tetap harus diberi tahu, mana yang benar dan salah, mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Saat anak mengacak-acak buku, merusak mainan, menjilat benda berbahaya, jangan segan untuk menegurnya. Jelaskan mengapa hal itu dilarang, lalu segera alihkan anak pada aktivitas lainnya.

Berikan Tugas Sesuai Kemampuan Anak
Saat mengenalkan cara membereskan pakaian, bukan berarti si batita diajarkan bagaimana cara melipat yang benar, tapi sekadar menyerahkan pakaian yang akan dilipat. Setidaknya, ia mulai mengerti bahwa pakaian tidak boleh diacak-acak, tapi harus disimpan dengan rapi.

Jadikan Rutinitas
Mengajari anak untuk selalu menjaga benda-benda miliknya harus dijadikan suatu rutinitas atau seharian sehingga menjadi kebiasaan. Anak pun tidak merasa terpaksa ketika diminta membereskan benda-benda miliknya tersebut.

Nantinya, ia akan melakukan hal itu tanpa diminta. Ketika melihat berbagai mainannya berserakan, serta merta ia mengambil satu per satu dan memasukkan ke dalam keranjangnya.

Beri Pujian
Jangan hanya menegur saat si kecil merusak benda atau mainan, tapi berikan reward saat ia mau menjaga benda-benda miliknya sehingga tidak dirusak, disimpan di tempatnya sesuai peruntukannya.

Baca Juga : Jangan Asal Moms, Ini Cara yang Benar Memuji Anak

Dengan begitu anak pun merasa dihargai atas upayanya. Alhasil, ia selalu bersemangat untuk melakukan hal yang sama di lain waktu. Pujian bisa dalam bentuk ucapan, pelukan, ciuman atau berupa hadiah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.