6 Cara Mudah Cegah Alergi Debu di Rumah

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Mudah Cegah Alergi Debu di Rumah
Ilustrasi (Cipta Resik)

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda tiba-tiba merasa hidung gatal serta terbatuk dan bersin tanpa penyebab yang jelas?. Jika iya, hal ini bisa saja terjadi karena yang Anda miliki.

Apalagi kebersihan rumah yang tidak dijaga dengan baik, itu juga bisa menjadi penyebab yang Anda alami. Mau tahu bagaimana cara mengatasinya?. Berikut cara praktis untuk mencegah munculnya debu di rumah:

Bersihkan AC
Bersihkan AC atau celah-celah kipas angin Anda secara teratur. Dua hal ini merupakan penyebar debu yang paling umum muncul di rumah, sehingga perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah munculnya alergi debu pada seseorang.

Bersihkan Karpet
Karpet adalah magnet untuk debu. Debu selalu berkumpul di permukaan dan di bawah karpet. Untuk menghindari penyebaran alergi debu melalui karpet, bersihkan karpet setiap hari.

Pastikan Kamar Tidur Tidak Lembap
Pastikan kamar tidur Anda tidak berada di ruang bawah tanah atau di tempat yang lembap. Ruangan yang tidak lembap dan memiliki ventilasi yang baik membuat sinar matahari bisa masuk. Sinar matahari bisa membunuh kuman dan bakteri. Jadi, pastikan kamar Anda memiliki ventilasi udara yang baik.

Hindari Mainan Berbulu
Tungau dan partikel debu suka menempel pada mainan jenis berbulu ini. Anda bisa membersihkan mainan jenis ini setiap hari jika memilikinya atau pilih untuk benar-benar menghilangkannya.

Rajin Mencuci Tirai
Jika Anda rentan terhadap alergi debu, Anda harus rajin mencuci tirai. Pastikan Anda mencuci gorden dengan air hangat sekali dalam seminggu untuk menjaga lingkungan tetap segar.

Ganti Seprai dan Selimut Bantal
Orang yang alergi terhadap debu harus selalu membersihkan kasur secara teratur. Ganti sprei setidaknya sekali setiap minggu. Biasakan untuk menjemur kasur dan bantal di bawah sinar matahari untuk membunuh bakteri dan menghilangkan partikel debu.

Baca Juga: Reaksi Alergi karena Cuaca Bisa Diredakan dengan 3 Makanan Ini

Munculnya alergi debu ini bisa membuat Anda kerap batuk dan pilek di rumah. Sejumlah cara praktis ini bisa Anda lakukan agar terhindar dari masalah alergi debu ini. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.