6 Cara Mudah Hindari Ngemil di Malam Hari

sering ngemil tengah malam ini cara menghentikannya
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Ngemil di malam hari mungkin merupakan salah satu aktivitas yang sulit ditolak, terutama jika sedang sulit tidur dan ingin menonton film tertentu sambil menunggu kantuk. Sayangnya, banyak penelitian menunjukkan bahwa ngemil di malam hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan, karena tubuh akan menyimpannya sebagai lemak, daripada menyimpannya sebagai cadangan energi.

Siapapun tahu bahwa kebiasaan ngemil larut malam adalah cara termudah untuk menaikkan berat badan. Tubuh cenderung menyimpan kalori di malam hari sebagai lemak, daripada membakarnya untuk menghasilkan energi.

Namun jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa trik mudah menghindari kebiasaan ngemil larut malam.

Tahu apa yang diinginkan
Daripada langsung mencari makanan atau minuman yang diinginkan, lebih baik pahami jam berapa rasa lapar mulai menyerang setelah makan malam dan makanan atau minuman apa yang diinginkan. Proses berpikir ini akan membuatmu mengantisipasi kebiasaan ngemil di malam hari dan pada akhirnya berhenti.

Baca Juga:  Model Rambut Wanita Gemuk, Bisa Bikin Kamu Pede

Mengonsumsi lebih banyak protein
Kebiasaan ngemil larut malam bisa menjadi salah satu cara tubuhmu mengatakan bahwa Anda tidak cukup makan. Mengonsumsi protein tambahan sebagai makanan terakhir, seperti kacang garbanzo dan edamame dapat membantu mengekang rasa kosong pada perut.

Minum teh herbal
Terbiasa ngemil setelah makan malam? Coba gantikan kebiasaan ini dengan minum teh herbal. Ritual meminum secangkir teh herbal yang hangat dan menyesap teh adalah cara yang baik untuk bersantai sebelum tidur dan menjaga pikiran untuk berhenti dari kebiasaan ngemil larut malam.

Berjalan-jalan
Ketika rasa lapar mulai muncul di malam hari, pergilah berjalan-jalan keluar. Udara segar dan olahraga ringan akan membantu pencernaan, menjernihkan kepala, dan membuatmu tidur lebih cepat.

Baca Juga:  Model Rambut Wanita Gemuk, Bisa Bikin Kamu Pede

Tidur lebih banyak
Ketika kurang tidur, tubuh akan meresponnya dengan rasa lapar. Sama halnya ketika sering tidur larut, tubuh akan merespon dengan hormon lapar yang meningkat, sementara leptin, hormon yang memberi sinyal kenyang akan berkurang.

Jika harus ngemil, konsumsi sesuatu yang sehat
Jika memang harus mengunyah sesuatu larut malam, maka pastikan bahwa makanan yang dipilih adalah makanan yang sehat.

Rewriter : Nurul
Sumber : fimela.com


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.