oleh

6 Cara Mudah Sembuhkan Sariawan Lebih Cepat

PortalMadura.Com – Anda Pasti pernah mengalami sariawan, bagaimana rasanya? tidak enak bukan?. Meski hal kecil tapi juga akan mempengaruhi kesehatan lho. Saat sariawan menyerang, Anda pasti malas makan. Bila dibiarkan saja, pencernaan bisa ikut terganggu.

Sariawan yang parah bisa bertahan sampai beberapa minggu dan sampai meninggalkan bekas luka. Sebenarnya sariawan bisa sembuh sendiri dalam waktu 10-14 hari. Namun, bila terlalu lama tentu akan mengganggu selera makan Anda bukan. Nah tak perlu khawatir, berikut tips agar sariawan bisa sembuh lebih cepat.

1. Dalam sehari Anda bisa berkumur dengan air garam selama 3-4 kali.

2. Anda juga bisa mencoba larutan baking soda, lakukan seperti larutan garam.

3. Rajinlah menyikat gigi agar tak terkontaminasi bakteri. Sikat gigi dengan sikat gigi yang lembut  dan pasta gigi bebas deterjen.

4. Hindari mengonsumsi makanan pedas atau asam karena dapat menyebabkan iritasi dan sakit lebih lanjut. Hindari juga makanan/minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin. Bila hal tersebut tetap dilakukan, maka Sariawan tak kunjung sembuh.

5. Hindari pula makanan asin, kopi, cokelat, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang dapat mengikis mulut, minuman bersoda, rokok.

6. Hindari menyentuh sariawan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi menyebar.

Cara diatas bisa Anda coba di rumah bila mengalami sariawan. Semoga bermanfaat! (vemale.com/Nanik)