oleh

6 Cara Pahami Maksud Balita dari Bahasa Tubuhnya Bila Belum Lancar Bicara

Bersembunyi di Balik Perabotan saat Ia Membersihkan Popoknya
Artinya, “Aku butuh privasi”. Perilaku balita yang umum ini menunjukkan dua hal: pertama, anak Anda mengerti keinginannya untuk buang air kecil, dan tahu karena dia mengamati bahwa orang dewasa melakukan hal itu. Hal ini adalah dua tanda positif bahwa dia bersiap untuk latihan potty training.

Tapi indikator nomor satu? “Dia segera meminta agar popok kotornya berubah. Jika seorang anak tidak peduli dengan kotorannya di popok, maka dia belum siap untuk menjalani potty training. Rata-rata anak tertarik menggunakan toilet antara usia 2 dan 3 tahun,” kata konselor parenting, Ari Brown.

Respon yang banar: Dukung keinginan anak untuk mendapatkan privasi, tapi mengarahkannya ke kamar mandi. “Jika hanya bisa membawa anak ke ruang tertutup itu sudah bagus, tidak perlu sampai menyuruh duduk di toilet dulu,” ujarnya.

Loading...

Berubah Anak jadi Suka Memukul, Membanting dan Memecahkan Mainan
Artinya, “Aku tidak nyaman”. Hal ini memang mengejutkan dan juga mengganggu, saat anak yang biasanya manis, ketika berusia 2 tahun berubah menjadi Super Evil Child. Tapi penting untuk dipahami bahwa perilaku itu mungkin hanya reaksi terhadap situasi saat ini dan bukan pertanda kepribadiannya telah berubah.

Biasanya, ketika anak-anak seusia ini bertindak, mereka ingin memberi tahu, “Aku bosan,” “Aku lelah,” atau “Aku butuh perhatian!”

Respons yang benar: Cobalah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi. Jika dia bertingkah karena bosan, menghancurkan Lego, maka ajak bermain bersama atau pergi ke taman untuk perubahan pemandangan.

“Balita perlu belajar bahwa ada cara yang lebih baik untuk mengalihkan perhatian daripada marah-marah,” kata Dr. Lisa Nalven. (okezone.com/Salimah)

Halaman: 1 2 3


Komentar