PortalMadura.com

6 Cara Paling Ampuh Atasi Anak Manja

  • Jumat, 16 September 2016 | 07:00
6 Cara Paling Ampuh Atasi Anak Manja
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Anak manja merupakan sifat bentukan yang tidak dibawa sejak lahir. Anak manja biasanya terbentuk karena sikap dan cara mendidik orang tua yang kurang tepat. Pola asuh orangtualah di rumah yang menentukan kemandirian anak.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi anak manja.

Berkomitmen tidak memanjakan anak

Jadikan Anda dan suami sebagai pemimpin di rumah, sehingga mereka akan mengikuti. Jadi, bukan hanya Anda yang bisa mengikuti kemauan anak, mereka juga harus bisa mengikuti keinginan orang tua.

Jelas dan tegas

Beritahu anak mengenai apa yang Anda harapkan secara gamblang. Misalnya, tekankan pada mereka untuk bisa mandiri membersihkan kamar sendiri dan menyiapkan segala keperluan sekolah.

Baca Juga:  Ingin Si Kecil Lahap Santap Semua Makanan? Yuk, Ikuti Trik Ini

Bersabar

Selanjutnya, mulai terapkan program memandirikan anak. Hindari marah bila anak “lama” melakukan sesuatu. Ingat, segala sesuatu butuh proses.

Komunikasi

Sampaikan apa yang menjadi harapan orangtua. Katakan saja, misalnya “Kakak sudah besar. Jadi, mulai sekarang Kakak bisa mandi sendiri, ya.”

Berikan arahan dengan nada datar dan pendek, juga tidak cepat karena rentang perhatian anak yang masih singkat. Seperti, “Ya, sekarang buka sepatunya, lalu kaus kakinya, ya. Simpan di rak sepatu.” Bisa juga dengan kalimat, “Ayo siapa yang paling cepat memakai sepatu, Ayah atau Kakak?”

Konsisten
Bila anak b
osan, merasa tidak mampu, merasa dipaksa, maka akan gagal program Anda untuk melatih anak mandiri. Katakan kepadanya, “Semua ini kebutuhan kamu. Kalau kamu tidak mau makan sendiri, nanti merasa lapar.” Jadi, tetap berikan dukungan, bukan bantuan.

Baca Juga:  Wajib Dibaca! Ini 3 Ciri Orang yang Sabar

Apresiasi

Ketika anak berhasil mencapai suatu target kemandirian, berikan reward yang membuat anak merasa bangga dengan dirinya. Anak akan merasa percaya diri dan meyakini bahwa ia mampu melakukan sendiri.

Yang juga perlu diingat, persaingan di era masa depan sangat ketat. Kalau anak tak mandiri sejak dini, ia tak siap menghadapinya. (bs/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional