oleh

6 Cara Rawat Kecantikan Pasca Lebaran

PortalMadura.Com – Sejak lebaran, berat badan Anda sudah bertambah berapa kilogram?. Atau sudah puaskah Anda bermain di luar rumah sampai kulit gosong?. Sudah bolos work out berapa hari?.

Nah, berhubung libur lebaran telah usai, sudah waktunya Anda disiplin merawat diri lagi. Perbaiki kondisi kulit, kikis lemak yang menumpuk, dan makan-makanan sehat lagi. Ada beberapa cara kecantikan pasca lebaran yang perlu Anda lakukan. Apa saja?.

Berikut enam cara merawat kecantikan pasca lebaran:

Singkirkan Perut Buncit dan Bengep dengan Air Putih
Air putih sangat ampuh untuk membersihkan tubuh secara alami. Konsumsi air putih yang banyak juga bisa membantu mengatasi bengep dan perut buncit.

Namun, usahakan untuk tidak menenggak air putih lebih dari 1 liter dalam 1 jam. Pasalnya, kemampuan ginjal Anda juga terbatas. Kalau berlebihan, salah-salah Anda bisa keracunan air putih (water intoxication) dan mengalami hyponatremia (level sodium dalam darah terlalu rendah).

Makan-makanan Sehat
Yuk, mulai atur makanan lagi. Tidak harus diet. Yang penting adalah mengatur pola makan di waktu yang tepat, dengan porsi yang tepat, dan nutrisi yang seimbang. Selain itu konsumsi lebih banyak serat, vitamin, dan mineral. Hasilnya pasti terlihat di kulit, rambut, dan kuku.

De-tanning dengan Masker Pencerah
Masker yang mengandung bahan penyejuk dan pencerah kulit bisa membantu memulihkan kondisi kulit yang belang dari luar. Pilih masker yang mengandung astringent atau penyegar alami dan ramah di kulit wajah yang cenderung lebih sensitif.

Misalnya saja mentimun, pepaya, lemon, dan yogurt. Bahan-bahan ini juga mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan untuk mencerahkan kulit wajah secara alami.

Baca Juga: 5 Jenis Bunga yang Berkhasiat untuk Merawat Kecantikan

Eksfoliasi dengan Scrub
Agar kulit bisa teremajakan kembali, proses eksfoliasi perlu untuk dilakukan. Kelupas kulit mati dengan scrub dari parutan kentang, bengkuang, atau pepaya. Campurkan dengan oatmeal atau serbuk kopi agar kulit mati bisa terkelupas dengan sempurna.

Setelah mandi, gosokan scrub dengan gerakan melingkar ke bagian-bagian yang belang karena terpapar sinar matahari. Kemudian, diamkan selama 10 sampai 15 menit, baru dibilas sampai bersih.

Konsumsi Vitamin Kulit
Suplemen kulit yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E akan memperbaiki kondisi kulit lebih cepat, terutama kulit yang mengalami pigmentasi akibat paparan sinar matahari. Jika tidak terbiasa mengonsumsi suplemen, Anda juga bisa mendapatkan tiga vitamin tadi dari sayuran berwarna hijau tua serta buah-buahan berwarna merah dan kuning.

Olahraga
Setelah bersantai dan malas-malasan selama seminggu, sekarang waktunya disiplin berolahraga kembali. Jangan tinggalkan olahraga agar peredaran darah senantiasa lancar, sehingga kulit awet muda dan tubuh tetap kencang.


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Komentar