oleh

6 Efek Positif Bongkar Mainan Bagi Si Kecil

PortalMadura.Com – Anda punya anak balita ? Bila iya, dapat dipastikan rumah Anda tidak akan pernah rapi bukan. Sebab, pada anak usia tersebut cenderung mengeksplorasi banyak hal, termasuk mainannya.

Rasanya memang melelahkan bila harus beres-beres rumah sedangkan si kecil dengan mudahnya membuat berantakan lagi mainannya. Namun, jangan buru-buru marah ke si kecil ya Bunda. Sebab membongkar mainan ternyata punya banyak manfaat lho Bunda. Berikut beberapa manfaat membongkar mainan bagi si kecil seperti diungkap oleh Mommy Desis Triyasih Furwanti dari Babyologist.

Koordinasi Mata dan Tangan
Ini bagus untuk koordinasi mata dan tangan. Tidak jarang banyak anak-anak yang mau masuk sekolah tapi belum bisa mengancingkan bajunya atau mengikat tali sepatunya, itu disebabkan karena kurangnya stimulasi.

Meningkatkan Motorik Kasar dan Halus
Dengan membongkar semua mainan, anak jadi tahu cara membuka ritsleting, membuka baterai di mobil-mobilan, memencet-mencet remote, menekan-nekan tombol mainan atau bahkan menggoyang-goyangkan mainannya.

Pengetahuan Baru
Yang namanya belajar tidak harus ada buku dan pulpen ya Bunda, belajarnya anak-anak itu simple. Misalnya dengan membuka remote dan mengambil baterainya, ia akan tahu bahwa remote tidak akan bisa dipakai kalau tanpa baterai.

Loading...

Baca Juga : Angin Ribut Landa Sumenep, Sejumlah Pohon Tumbang dan Atap Rumah Warga Ambruk

Melatih Kreativitas
Dengan membongkar semua mainannya, anak-anak bisa dengan leluasa melatih kreativitasnya. Misalnya, si kecil lelah ketika harus mendorong-dorong mobil-mobilannya dengan tangan sambil jongkok. Sehingga muncullah ide, diambillah tali panjang untuk diikat ke mobilnya, jadilah mobilnya bisa ditarik sambil berlari.

Bertanggung Jawab
Ketika selesai bermain, ajarkan si kecil tentang tanggung jawab, misalnya selesai bermain jangan lupa dirapikan dengan cara mencontohnya. Mungkin awalnya anak akan cuek tapi lama-kelamaan anak akan mengerti dan melakukannya.

Anak akan bahagia
Bahagianya anak itu sederhana Bunda. Sesederhana anak yang ingin membongkar semua mainannya. Untuk itu jangan dilarang ya Bunda.

Itulah beberapa manfaat dari membongkar mainan bagi si kecil. Semoga bermanfaat.


Rewriter: Nanik Dwi Jayanti
Sumber: liputan6.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar