IPTEK  

6 Fakta Menarik Game Super Mario Bros yang Melegenda

Avatar of PortalMadura.com
6 Fakta Menarik Game Super Mario Bros yang Melegenda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak mengetahui Super Mario? Game ini merupakan salah satu game fenomenal di zamannya. Hampir setiap orang pernah mempermainkan permainan sederhana ini. Gameplay ini cukup sederhana dan menarik dengan cerita di dalamnya. Kini game Super Mario Bros telah berusia 33 tahun.

Sebelum itu, tahukah Anda ketika Nintendo pertama kali merilis Super Mario Bros pada 13 September 1985, iaberusaha untuk membuktikan diri untuk tampil sebagai pembuat game tingkat internasional.

Kini, game itu memang berhasil menjadikan Nintendo sebagai salah satu perusahaan terkemuka. Super Mario Bros bahkan menjadi salah satu game yang dianggap legendaris hingga saat ini.

Permainan video game yang identik dengan gerakan loncat-loncat tersebut menggunakan dua karakter, yaitu Mario dan Luigi. Selain itu,
gameplay dibuat dengan cukup sederhana. Mario dan Luigi berusaha melewati berbagai rintangan dan menjelajahi Kerajaan Jamur untuk menyelamatkan Putri Peach.

Dalam cerita itu, Kerajaan Jamur sudah dikuasai oleh Bowser dan bala tentaranya, dan menjadi musuh yang harus ditundukkan oleh Mario dan Luigi. Pemain mengarahkan Mario dan Luigi untuk berjalan menyundul balok yang berisi poin dan menginjak musuhnya.

Nah, untuk mengenang kembali permain itu, berikut beberapa fakta mengenai Super Mario Bros yang jarang diketahui.

Diciptakan oleh Shigeru Miyamoto
Shigeru Miyamoto merupakan desainer video game Jepang dan produser kawakan. Dia terkenal sebagai orang yang menciptakan beberapa karakter game yang ada di Nintendo.

Salah satu game legendaris besutannya adalah Super Mario Bros yang sampai saat ini muncul dalam berbagai versi, baik itu gameplay atau versi konsol.

Berawal dari 1977, dia mulai bergabung dalam Nintendo di bagian perencanaan. Pada 1985. Miyamoto berhasil membuat dan mengembangkan dua video game, yaitu Super Mario Bros dan The Legend of Zelda.

Dalam perjalanannya, Miyamoto juga memberikan beberapa sentuhan lain pembaharuan dalam Super Mario Bros hingga terkenal sebagai game yang melegenda.

Awalnya Bernama Jumpman
Pada awalnya, karakter utama dalam permainan ini bernama Jumpman. Nama itu terlintas dalam benak Miyamoto karena programnya yang mengharuskan meloncat-loncat melalui rintangan.

Dilansir dari The Guardian, kantor Nintendo di Amerika Serikat memikirkan nama yang lebih baik untuk rilisan game itu. Akhirnya, mereka memberikan nama “Mario”.

Kesulitan Membuat Rambut
Dalam awal peluncurannya, karakter mario menggunakan grafis yang menggunakan topi. Ini dilakukan karena sulitnya membuat grafis karakter berambut.

Pemberian kumis juga bertujuan untuk menonjolkan hidung dan menutupi penggambaran mulut dalam video game itu. Super Mario Bros mengenakan overall dengan pakaian kemeja coklat.

Batu Bata Hidup
Batu bata merupakan latar yang ada dalam game tersebut. Mario dan Luigi melewati, bahkan menyundul batu bata itu untuk mendapatkan tambahan poin.

Selain mendapatkan poin, batu bata itu juga terdapat jamur yang bisa memberikan nyawa tambahan dan kekuatan bagi pemain.

Namun, dalam buku panduan manual permainan itu, batu itu merupakan manusia jamur yang telah diserang oleh Bowser.

Warna Hijau Luigi
Luigi merupakan pemeran kedua dalam permainan video itu, yang digambarkan sama seperti Mario. Bedanya, dia memiliki badan kurus dan lebih tinggi dari Mario.

Nintendo menginginkan karakter lain untuk tujuan multipemain, tetapi mereka mengalami kendala dalam keterbatasan memori. Dengan demikian, Luigi dibangun sebagai salinan persis dari saudaranya.
Namun, ketika tiba saatnya untuk mendesain pakaian Luigi, Nintendo punya masalah.

Mereka tidak bisa memberikan pakaian yang sama persis seperti Mario, tetapi mereka tidak memiliki banyak memori tersisa. Jadi, dengan apa yang mereka miliki, Luigi meminjam warna dari cangkang hijau Bowser.

Bermacam Karakter
Terdapat beberapa tokoh lain dalam permainan ini selain Mario dan Luigi. Mereka adalah King Bowser (King Koopa), Goomba, Koopa Troops, Spiny, Hammer Bro, dan Koopa Paratroops sebagai tokoh antagonis dalam permainan.

Selain itu, ada juga Putri Peach yang akan diselematkan Mario dan Luigi.

Bagaimana, tidakkah ingin memainkan game itu lagi? Itulah beberapa fakta menarik mengenai game Super Mario Bros. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.